Dorje Shugden Trakze Untuk Menghalau Gangguan Ilmu Hitam & Makhluk Halus (Bahasa Indonesia)

Mar 1, 2020 | Views: 7,799

(Oleh Tsem Rinpoche)

Penjelasan Mengenai Praktik Trakze:
Sebuah Praktik Untuk Menghalau Ilmu Hitam dan Makhluk Halus

Penjelasan mengenai praktik Trakze ini disusun berdasarkan sumber tradisional oleh Yang Mulia Tsem Rinpoche.

Tanggal: 30 Januari 2015

CATATAN: Artikel Ini memuat penjelasan mengenai praktik Trakze. Praktik ini dapat dilakukan setiap hari oleh siapapun yang ingin mendapatkan perlindungan walaupun Anda tidak diganggu ilmu hitam dan makhluk halus. Praktik ini tidak memerlukan inisiasi apapun.

  • Klik di sini Untuk mengunduh penjelasan mengenai praktik Trakze
  • Klik di sini untuk mengunduh Praktik Harian Trakze

 

Pendahuluan

Trakze

Makhluk halus itu sudah pasti ada. Dalam kosmologi Buddhisme seperti yang dijelaskan dalam sejarah Buddha Shakyamuni, makhluk halus adalah makhluk-makhluk yang menghuni salah satu dari Enam Alam Keberadaan dalam samsara. Meskipun banyak orang yang merasa skeptis tentang keberadaan makhluk halus, kini banyak teknologi modern yang bisa mendeteksi makhluk tanpa bentuk dan secara perlahan mengubah persepsi umum mengenai kehadiran makhluk-makhluk gaib ini.

Tidak seperti hewan dan manusia yang berbagi alam keberadaan ‘berbentuk’ yang sama, makhluk halus menempati alam tak berbentuk. Makhluk yang mengalami kelahiran kembali di alam tanpa bentuk ini dapat hidup selama ribuan tahun, dan salah satu penyebab utama mereka lahir kembali di alam tersebut adalah kuatnya ‘kemelekatan-kemelekatan’ yang tidak murni. Ini adalah kemelekatan kita terhadap sesuatu, yang dihasilkan dari proyeksi kita terhadap benda-benda dan seseorang. Kemelekatan ini mendorong kita untuk mengalami kelahiran kembali di alam makhluk halus, sebuah alam dengan penderitaan hebat dan secara metaforis digambarkan sebagai ‘Sebuah keberadaan dimana rasa dahaga seseorang tidak dapat terpuaskan’.

Hal yang penting untuk dipahami adalah, seperti semua makhluk hidup yang terperangkap dalam siklus keberadaan yang tidak terkendali dalam samsara, makhluk halus sama-sama terperangkap akibat karma mereka. Meskipun mereka bisa hidup selama ribuan tahun, mereka masih memiliki ‘umur’, yang berarti mereka akan mati dan tidak bisa hidup selamanya. Setelah karma yang menyeret mereka ke dunia makhluk halus berakhir, mereka akan hilang dan mengalami kelahiran kembali di alam keberadaan lain.

Para makhluk halus tidak memiliki bentuk yang pasti dan dapat datang dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan temperamen. Beberapa roh bisa memberikan manfaat, sementara beberapa roh lainnya bisa menimbulkan bahaya. Terkadang, karena keadaan tertentu, makhluk halus dari alam tanpa bentuk bersinggungan dengan dunia kita. Dalam momen-momen inilah ketika kita ‘berpapasan’ dengan makhluk halus, mereka mendapatkan kesempatan untuk melekatkan dirinya kepada kita.

Ada banyak cara bagi makhluk halus untuk melekatkan dirinya pada kita, dan beberapa metode yang paling umum adalah:

  1. Melalui suatu benda. Dalam beberapa budaya yang memiliki sejarah kepercayaan pada makhluk halus, dikatakan bahwa barang-barang antik atau benda-benda dengan sejarah panjang harus ditangani dengan hati-hati.
  2. Tempat atau lokasi. Hal ini menjelaskan keberadaan tempat angker. Makhluk halus yang mendiami ruangan tertentu dapat membuat gangguan ketika mereka berbagi ruang yang sama dengan manusia.
  3. Melalui ilmu hitam. Makhluk halus dapat dikirimkan kepada kita dalam bentuk ilmu hitam. Dalam beberapa kasus, makhluk halus dapat bermanifestasi dalam bentuk bencana.

Walaupun makhluk halus menempati keberadaan tanpa wujud, yang berarti mereka tak berbentuk; mereka memiliki kemampuan untuk memindahkan benda nyata. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengidentifikasi apakah kita dilekati oleh makhluk negatif. Beberapa gejala umum atau “klasik” adanya makhluk halus dan gangguan makhluk halus adalah:

  • Kejadian listrik yang tidak biasa, seperti lampu berkedip, barang-barang elektronik hidup dan mati dengan sendirinya, atau bahkan hubungan arus pendek ketika ada makhluk halus.
  • Rangkaian kecelakaan yang tidak biasa yang terjadi satu demi satu.
  • Episode mimpi buruk yang konsisten.
  • Merasakan kehadiran hantu di dalam ruangan. Sebagai contoh, merasa seperti sedang diawasi atau disentuh.
  • Barang-barang pribadi menghilang, bergerak atau hancur dengan sendirinya.

Dengan menyadari bahwa makhluk halus memang ada dan mereka memiliki kemampuan untuk menyebabkan kerusakan (dan dalam beberapa kasus yang parah, kematian), kita harus mengembangkan kejernihan pikiran untuk mengidentifikasi dan mengkonfirmasi gangguan makhluk halus dan mengambil upaya perbaikan. Terkadang mudah untuk menjadi paranoid dan menyalahkan segala sesuatu yang tidak berjalan dengan baik dalam kehidupan karena gangguan makhluk halus, oleh karena itu, pengamatan yang cermat diperlukan untuk mengkonfirmasi adanya gangguan makhluk halus. Sebagai contoh, seseorang mengalami gejala yang disebutkan di atas mungkin berpikir mereka menderita skizofrenia, tetapi ada kemungkinan bahwa hal itu disebabkan oleh makhluk halus. Dalam hal ini, meminum obat skizofrenia tidak akan membantu.

 

Perlindungan Umum

Yang Mulia Kyabje Zong Dorje Chang (tengah), Vajrayogini (kiri) dan Dorje Shugden (kanan) – thangka pribadi Tsem Rinpoche. Klik di sini untuk mengunduh versi beresolusi tinggi.

Dalam ajaran Buddhis, metode perlindungan yang paling sederhana, ampuh dan seketika dari makhluk halus adalah dengan berlindung pada Tiga Permata. Berlindung pada Tiga Permata adalah dengan mengembangkan kepercayaan pada Buddha, Dharma dan Sangha. Secara formal, berlindung melibatkan pengambilan sila dan sila-sila yang dimaksud tergantung pada sekolah atau tradisi agama Buddha yang dianut. Penting untuk membaca dan memahami sila perlindungan dan memahami bahwa Buddha yang bebas dari segala ketakutan adalah sumber perlindungan yang sempurna. Ketika kita berlindung pada Buddha, mempraktikkan Dharma dan menghormati Sangha, kita mendapatkan perlindungan dari berbagai jenis makhluk halus.

Sebuah contoh yang sangat baik untuk menggambarkan efektivitas perlindungan Tiga Permata terhadap gangguan makhluk halus adalah kisah Guru Rinpoche, seorang guru besar Buddhis yang menaklukkan banyak makhluk halus yang garang dan berbahaya di Tibet. Melalui teladannya dan banyak contoh lain dari guru-guru besar baru-baru ini kita dapat menumbuhkan keyakinan pada Tiga Permata untuk melindungi kita dari bahaya makhluk halus.

Namun, dalam kasus tertentu, beberapa orang memiliki hubungan karma yang “khusus” dengan beberapa jenis bahaya dan makhluk tanpa bentuk yang tertentu. Hubungan karma ini memungkinkan makhluk halus “menerobos” perlindungan Tiga Permata dan menyebabkan bahaya. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang memiliki jodoh karma dengan makhluk halus tersebut, mereka akan tetap mengalami bahaya bahkan ketika mereka berlindung pada Tiga Permata.

Sebuah rupa Trakze.
Klik pada gambar untuk memperbesar.

Dalam kasus lain, beberapa orang mungkin menggunakan metode-metode tertentu untuk menghubungi makhluk dari alam lain. Praktik ini sangat berbahaya karena kita tidak pernah bisa yakin jika makhluk halus yang dihubungi berbahaya atau tidak. Kadang-kadang, jika makhluk halus yang dipanggil adalah yang kuat dan berbahaya, mereka dapat tinggal di sekitar orang tersebut untuk menyebabkan kerusakan.

Kita mungkin mempertanyakan: Mengapa Tiga Permata tidak bisa melindungi orang-orang yang memiliki hubungan karma dengan jenis makhluk halus tertentu? Walaupun kita berlindung dan berada di bawah perlindungan Tiga Permata, masih ada karma individu yang sangat kuat dan langsung menentukan hasil.

Sebagai gambaran, mari kita lihat situasi yang lebih mudah dipahami berikut ini: Meskipun kita dilindungi oleh Tiga Permata, kita masih bisa jatuh sakit, mengalami bencana dan tragedi dan mengalami penderitaan emosi naik dan turun, dan kematian akibat tumpukan karma sebagai konsekuensi dari tindakan tubuh, ucapan dan pikiran. Dalam kasus tersebut, seseorang mungkin dapat melakukan praktik spiritual tertentu atau memesan puja dari istadewata khusus, misalnya, praktik Buddha Pengobatan, yang energinya secara khusus ditujukan untuk penyembuhan.

Karena itu, ketika mendapatkan buah dari karma, seseorang seharusnya tidak boleh mengatakan bahwa Tiga Permata tidak memberikan perlindungan. Tiga Permata memberikan perlindungan untuk jangka pendek dan panjang. Untuk perlindungan jangka pendek, Tiga Permata memberikan ajaran Dharma yang memungkinkan praktik yang menghilangkan semua penyebab penderitaan. Di sisi lainnya, untuk perlindungan jangka panjang, Tiga Permata memberkati kita untuk mengalami kelahiran kembali di tempat dan situasi yang kondusif terhadap praktik Dharma.

 

Ketika Perlindungan Khusus Diperlukan

Dalam kasus ketika ada karma “khusus” yang menciptakan kedekatan dengan makhlus halus tertentu, dan bahaya dan penderitaan masih dialami, praktik Dorje Shugden bisa dilakukan untuk mendapatkan perlindungan.

Dorje Shugden bermanifestasi dalam lima bentuk untuk tujuan yang berbeda. Selain manifestasi utamanya, ia memiliki empat emanasi lain, masing-masing dengan fungsi khusus mereka. Kelima bentuk Dorje Shugden adalah sumber yang sempurna untuk perlindungan meskipun mereka memiliki emanasi dan fungsi yang berbeda-beda.

Dari kelima bentuk Dorje Shugden, Trakze yang juga disebut Karma Shugden adalah emanasi yang paling murka dari Dorje Shugden. Praktiknya sangat ampuh untuk mengatasi delusi yang kuat dan energi berbahaya yang sangat negatif.

 

Praktik Trakze

Praktik Trakze tidak hanya akan menghalau makhluk halus tetapi juga mengatasi bencana-bencana yang tidak alami, masalah dan kesulitan lain. Trakze juga cocok sebagai perlindungan untuk perjalanan panjang. Dia juga akan menawarkan perlindungan dari ucapan negatif orang lain, mantra negatif, sihir atau jimat negatif, kematian mendadak atau naas, dan kecelakaan fatal. Jadi, wujud Dorje Shugden ini sangatlah kuat.

 

Menyusun Sebuah Altar

Altar Trakze. Klik pada gambar untuk memperbesar.

Susunan altar:

  1. Sebuah gambar atau patung Buddha
  2. Sebuah gambar atau patung Trakze
  3. Sebuah teks Dharma
  4. Sebuah Stupa
  5. Satu set Persembahan Indrawi (opsional) (Dari kiri ke kanan – air, air, bunga, dupa, cahaya, parfum, makanan, dan kulit kerang)
  6. Satu set persembahan air (opsional)

Sebuah altar adalah komponen penting dalam praktik ajaran Buddha, karena berfungsi sebagai pengingat dari tujuan latihan kita – yaitu mengembangkan kualitas dalam diri kita sehingga memungkinkan kita membantu semua makhluk hidup. Ini adalah manfaat spiritual memiliki sebuah altar. Bagi mereka yang mempraktikkan Trakze khusus untuk melawan gangguan makhluk halus, manfaat dari memiliki sebuah altar dengan gambar Trakze sudah merupakan bentuk perlindungan.

Sebuah altar dapat diatur di mana saja kecuali di dalam kamar mandi. Untuk mengembangkan pandangan bahwa makhluk tercerahkan hadir di altar di hadapan kita, adalah tepat untuk selalu menunjukkan rasa hormat di depan altar. Oleh karena itu, jika altar ditempatkan di kamar tidur, dianjurkan untuk menutupinya ketika sedang terlibat dalam kegiatan yang bersifat pribadi.

Sebuah altar yang ideal akan terdiri dari enam barang yang disebutkan di atas. Namun, setidaknya, altar harus memiliki gambar Trakze dan seiring waktu, seseorang dapat menambahkan barang lainnya bila tersedia. Seberapa lengkap altar kita mencerminkan betapa seriusnya kita mempraktikkan Trakze untuk mengatasi masalah kita. Oleh karena itu, seperti yang lainnya, besar usaha yang dicurahkan dalam praktik mencerminkan hasil praktiknya.

“Tambahan sentuhan” dapat diberikan pada altar. Satu set persembahan air dengan tujuh sampai delapan gelas dapat disusun di depan altar dengan air bersih diisi hingga penuh dengan batasan tinggi air sebutir beras pada bibir gelas. Satu set persembahan murka yang melambangkan persembahan karma negatif seseorang, dapat tersusun rapi di belakang persembahan air.

 


 

Panduan Praktik

Klik di sini untuk mengunduh teks doa.

 

Memohon Perlindungan

Video tentang Bagaimana Melakukan Sujud:

Praktik ini dimulai dengan pembacaan formula perlindungan sebanyak tiga kali. Dalam hal ini, seseorang berlindung pada Lama Tsongkhapa – Guru dan Buddha, Dharma dan Sangha.

Ketika membaca rumus perlindungan, visualisasikan Lama Tsongkhapa dikelilingi oleh delapan murid utamanya dengan jelas di tingkatan mata. Jika visualisasi ini terlalu sulit dan rumit di awal, seseorang dapat mulai dengan memvisualisasikan hanya dua orang murid utamanya, Khedrup-je Rinpoche dan Gyelsab-je Rinpoche. Membayangkan mereka duduk di Surga Ganden di atas tahta mereka yang dihiasi dengan permata berkilauan. Ketiganya tersenyum, bahagia dan hangat menurunkan berkat mereka.

Lama Tsongkhapa bersama kedua murid utamanya

Dari dalam tahta Lama Tsongkhapa, visualisasikan cahaya merah gelap yang kuat berpendar keluar, cahaya ini tidak lain adalah pikiran Manjushri, turun dari Surga Ganden muncul di hadapan Anda.

Visualisasikan awan hitam-kelabu yang jahat, kuat, dan penuh gejolak – dengan suara yang sangat kuat seperti guntur dan kilat yang dikelilingi oleh semua jenis hewan ganas dan murka seperti burung bangkai dan elang. Di tengah-tengah awan gelap ini bernaung Trakze, dalam bentuk seperti yang divisualisasikan di atas. Di hatinya, ada lingkaran matahari yang diatasnya ada suku kata “Hung”, berwarna merah. Dari suku kata “Hung”, cahaya memancar keluar ke 10 arah untuk mengundang semua Buddha, Bodhisattva, dan istadewata, dan larut kembali ke dalam “Hung”, Buddha, Bodhisattva, dan istadewata menjadi satu dengan Trakze secara alami dan menjadi jelas di depan Anda. Sekarang Trakze melebur lengkap dengan Tiga Permata dalam wujudnya. Jadi apapun yang dilakukan untuk Trakze adalah sama seperti jika Anda telah melakukan semuanya untuk Tiga Permata. Trakze divisualisasikan sebagai makhluk samaya, dan Trakze diundang dari dalam tahta Tsongkhapa adalah makhluk kebijaksanaan. Ketika mereka bergabung, mereka menjadi satu dan tak terpisahkan. Jadi, Anda harus percaya bahwa kebijaksanaan yang sebenarnya mewujud menjadi Trakze berada di depan Anda sekarang. Hal ini penting untuk anda percayai. Kemudian, visualisasikan Trakze dalam badai menyapu awan yang sangat ganas dan kuat di sekitar Trakze, berasal dari bawah tahta Lama Tsongkhapa, tetap terhubung ke Trakze. Ini menandakan sumber berkat adalah dari Lama Tsongkhapa dan kita terhubung ke Surga Ganden.

 

Empat Hal Yang Tak Terukur

Empat Hal Yang Tak Terukur dibacakan untuk membangun motivasi yang baik bahwa semua praktik yang dilakukan untuk melindungi diri tidak merugikan makhluk lain, termasuk makhluk yang menyebabkan kerugian bagi Anda.

Dasar praktik dari Empat Hal Yang Tak Terukur adalah bahwa ‘semua orang ingin bahagia, namun kebahagiaan tidak dapat dicapai secara terpisah-pisah‘. Bahkan, kebahagiaan dalam satu hal tergantung pada kebahagiaan secara keseluruhan, mengungkapkan bahwa semua kehidupan adalah saling bergantung. Untuk menjadi bahagia, salah satu kebutuhan untuk menumbuhkan sikap baik terhadap orang lain dalam masyarakat dan terhadap semua makhluk hidup.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk membangkitkan sikap yang baik terhadap semua makhluk hidup adalah melalui meditasi kontemplatif pada Empat Hal Yang Tak Terukur, yang memupuk cinta kasih, kasih sayang, sukacita menghargai dan keseimbangan batin terhadap beragam makhluk hidup.

Praktik Empat Hal Yang Tak Terukur juga merupakan penangkal ampuh untuk keadaan mental negatif seperti kemarahan dan kebanggaan.

 

Guru Yoga Lama Tsongkhapa

Setelah menyelesaikan Empat Hal Yang Tak Terukur, lanjutkan ke Guru Yoga Lama Tsongkhapa. Ketika membaca mantra Migtsema (setidaknya 21 kali) dengan visualisasi ini (dijelaskan pada bagian ‘Mengambil Refuge’), adalah penting untuk mengembangkan pemikiran dan keyakinan bahwa Trakze (dalam 3-Dimensi/3D) berada di depan Anda, semuanya-kuat dan protektif. Setelah menyelesaikan Guru Yoga Lama Tsongkhapa, lanjutkan membaca doa Dorje Shugden.

 

Doa-Doa Dorje Shugden – Kanshag

 

Pendahuluan

Kanshag untuk Dorje Shugden adalah praktik yang sangat ampuh untuk menghilangkan hambatan kita. Dalam kasus gangguan ilmu hitam dan makhluk halus, Kanshag secara khusus efektif untuk memurnikan karma negatif yang telah menciptakan penyebab seseorang untuk mengalami penderitaan ini.

Karma Shugden (Trakze). Klik gambar untuk memperbesar dan klik kanan untuk ‘menyimpan gambar’ dalam resolusi tinggi untuk dicetak.

Doa-doa Kanshag mungkin terdengar sangat keras dan kasar. Namun hal ini tidak hanya ada dalam praktik Dorje Shugden. Ini juga merupakan fitur umum dalam doa Pelindung Dharma lain seperti Kalarupa, Palden Lhamo, Mahakala dan banyak lainnya. Oleh karena itu, karena kebodohan, atau orang yang tidak memiliki guru yang memenuhi syarat untuk menjelaskan pentingnya manifestasi murka seperti dalam doa-doa, seseorang mungkin menolak atau membaca hanya berdasarkan iman. Walaupun mengucapkan Kanshag murni berdasarkan iman bisa diterima, namun lebih baik ketika kita melakukan praktik dengan pengertian sehingga praktik kita lebih efektif. Setelah kita menyadari bahwa manifestasi murka pada Kanshag muncul dari kasih sayang murni Dorje Shugden untuk semua makhluk hidup, kita akan belajar untuk menghargai dan melakukan praktik dengan pengabdian yang besar.

Dalam membayangkan pemurnian karma negatif seseorang melalui Kanshag, pertama-tama kita harus memahami bahwa sosok manusia digambarkan dalam visualisasi ini bukanlah manusia seperti yang kita tahu. Figur-figur mirip manusia ini tanpa kesanggupan indra dan kualitas negatif yang menyebabkan kita untuk terus menciptakan karma negatif, seperti iri hati, amarah, kebodohan, kemelekatan dan banyak lagi. Karena sifat-sifat negatif itu tidak nyata, kita memvisualisasikan mereka sebagai makhluk dalam bentuk seperti manusia agar Trakze dan rombongan dapat membunuh sifat-sifat negatif kita.

 

Manifestasi Karma Kita

Di balik Trakze berdiri sebuah istana tulang yang besar dan menakutkan (Rubey Gyi Phodrang). Di sekeliling istana tulang berkobar cuaca yang jahat. Awan tebal, gelap, berat disertai dengan guntur, petir, hujan dan badai. Terbang di sekitar tanpa tujuan dalam cuaca buruk ini adalah hewan murka – burung bangkai dan elang – dengan bola mata yang muncul dari mulut mereka. Naga, terbang di antara awan, menandakan petir yang menakutkan dan sengit.

Tanah di sekitar istana adalah gunung yang keras. Jalan bergerigi, kasar dan berbahaya, gunung yang dapat dengan mudah merenggut nyawa seseorang. Bahaya pegunungan ini diperbesar dengan kehadiran hewan menakutkan – Garuda, gajah liar, kadal, buaya, ular, kalajengking – dan apa pun yang menakutkan dan penuh kekerasan hadir di sana, di seluruh tempat. Bau mayat mengisi udara yang gelap, gunung yang berbahaya.

Dari pegunungan kekerasan mengalir sungai darah berbahaya tak berujung yang dijelaskan seperti sungai Gangga suci. Sungai penuh darah dan aliran yang penuh gejolak di dalamnya, dengan batu bergerigi dan berbahaya oleh sungai yang dijangkiti hewan liar, dan ganas. Antara sungai-darah yang berbahaya muncul api dan asap tebal, dengan tak terhitung mayat muncul di sungai berdarah.

Semuanya dalam ruang yang luas ini diwujudkan melalui belas kasih dari Dorje Shugden. Karena kita tidak dapat membayangkan berapa banyak akumulasi karma negatif kita yang telah dikumpulkan dari berbagai kehidupan, Dorje Shugden memanifestasikan bidang aneh ini untuk menunjukkan akumulasi karma negatif kita dengan cara yang dapat kita hubungkan dan pahami. Makhluk, lingkungan dan kondisi yang ditunjukkan kepada kita dimaksudkan untuk membuat kita menyadari bahwa ini adalah takdir yang harus kita hadapi jika kita tidak melakukan praktik untuk memurnikan karma kita. Dalam praktik ini, Dorje Shugden, manifestasi dan rombongan turun dari atas untuk mengobrak-abrik segala sesuatu yang tercemar, sehingga memurnikan karma negatif itu.

 

Memasuki Mandala Pelindung Dorje Shugden

gateway1

Ketika Anda melafalkan Kanshag, pintu ke mandala Dorje Shugden, yang biasanya dijaga oleh Kache Marpo, terbuka. Semua keanehan dalam pintu istana dimanifestasikan oleh Dorje Shugden, untuk memurnikan karma kita yang pada akhirnya mengarah pada pembebasan kita.

Gambar di sebelah kanan: Pintu ke mandala Dorje Shugden.

 

Turunnya Trakze dan Rombongan Untuk Memurnikan Karma

Di tengah pemandangan dan cuaca mengerikan adalah tempat tinggal Trakze, bertempat tinggal di istana tulang murka. Istana tulang murka dihiasi dengan tulang dan daging manusia. Di sini, kita melihat ornamen tulang manusia, dengan kulit manusia yang digunakan sebagai spanduk kemenangan mengambang di angin berasap, dan kulit manusia tergantung di dalam istana seperti tirai.

Istana rumit yang dihiasi dengan tulang dan kulit menandakan banyak bahan telah dikumpulkan Trakze melalui karyanya membebaskan makhluk hidup. Hal ini juga melambangkan kemampuan besar dan potensi untuk membebaskan makhluk yang tak terhitung jumlahnya. Dengan demikian, Istana Trakze dipenuhi dengan tulang dan segala sesuatu dianggap mengerikan karena ia mengumpulkan dan menerima karma negatif dan penderitaan semua orang.

Ketika kita mempersembahkan negatifitas kita dalam bentuk ini kepada Buddha untuk ditaklukkan, itu adalah sesuatu yang kita anggap jelek. Namun di sisi Buddha, tujuan utama mereka adalah untuk membebaskan kita dari negatifitas kita. Oleh karena itu hal negatif tersebut disajikan dan berubah menjadi persembahan utama dari seorang praktisi spiritual. Dengan demikian, sekali Trakze telah membunuh negatifitas ini (yang kita visualisasikan dalam bentuk makhluk), ia menggunakan tulang dan kulit sebagai dekorasi untuk tempat tinggalnya, untuk merayakan pembebasan kita dari sifat-sifat yang tidak diinginkan.

Istana tulang juga merupakan Tong Len (praktik mengambil penderitaan lain dan memberikan manfaat seseorang kepada mereka) dalam bentuk tantra visual. Ini berarti bahwa Trakze akan mengambil semua karma buruk dari Anda. Dia akan hidup dalam lingkungan yang mengerikan ini dan kondisi kekerasan yang diwujudkan oleh karma negatif kita sehingga kita tidak perlu mengalaminya.

Sembilan Ibu Kebijaksanaan tidak memikat secara fisik, tetapi bermanifestasi sebagai monster yang menakutkan dengan taring , cakar, dengan kuku yang panjang dan kuku kaki. Mereka muncul sebagai sembilan makhluk menakutkan, murka dan menciptakan kekacauan. Sembilan ibu memotong, menghancurkan, mengiris, merobek, menggaruk dan mencakar karma negatif, merusaknya.

Delapan Biksu-biksu Pembina tidak tenang dan pendiam; namun mereka mewujudkan realisasi persetujuan atau kontemplasi dengan cara murka. Sebaliknya, mereka berlarian di sekitar dengan cara yang sangat ‘tidak kebiksuan’, melakukan tindakan kekerasan dan ritual murka untuk menaklukkan makhluk hidup.

Sepuluh Asisten Muda dan Murka yang terwujud dari ‘anggota badan’ istadewata utama, dalam hal ini Trakze. Kesepuluh asisten terwujud dalam bentuk yang paling murka mereka sebagai makhluk menakutkan – untuk mengaktifkan purifikasi cepat untuk menghilangkan penderitaan, dengan rantai dan merobek rintangan dalam dan luar kita.

Oleh karena itu, ketika kita membaca Kanshag, kita meminta Dorje Shugden dan rombongan untuk menghancurkan akumulasi karma negatif kita melalui cara-cara kekerasan dan murka mereka. Kita memurnikan karma yang tidak hanya menyebabkan penderitaan fisik kita tetapi juga penderitaan mental. Secara tradisional, metode murka selalu lebih cepat. Dengan alasan ini maka praktik Dorje Shugden, bila dilakukan dengan baik, dapat menghapus hambatan kita untuk memenuhi keinginan kita dengan cepat. Dengan demikian ia dikenal untuk membantu kita dengan cepat.

 

Visualisasi Kanshag

Bayangkan lingkungan murka yang merupakan manifestasi dari karma negatif. Dalam ruang ini, sosok mirip manusia raksasa, besar seperti gunung, muncul di hadapan anda. Sosok yang menyerupai-manusia ini adalah semua karma negatif dan kualitas negatif yang menghambat pertumbuhan spiritual kita.

Bayangkan Trakze dan rombongan murka-Nya turun menuju sosok menyerupai manusia itu dan menghancurkan mereka, membentuk kumpulan persembahan lengkap yang tak terhitung jumlahnya.

Persembahan murka terdiri dari:

  1. Argham’ (teh) – bayangkan semua darah dari makhluk dikosongkan ke dalam mangkuk pertama dan dipersembahkan.
  2. Phupe’ (bunga murka) – bayangkan tengkorak terbalik ke atas. Dalam tengkorak ditempatkan jantung. Di dalam jantung ada mata, telinga, lidah dan hidung; semua diatur simetris pada jantung.
  3. Duphe’ (dupa) – bayangkan tulang tubuh diambil dan dibakar. Asap yang timbul dari ini dipersembahkan kepada Trakze.
  4. Aloke’ (cahaya) – bayangkan semua lemak tubuh diambil dan dibuat menjadi pelita dan dipersembahkan untuk Trakze.
  5. Gyende’ (parfum) – bayangkan semua cairan yang tersisa dalam tubuh seperti urin, empedu, nanah dan lain-lain, dikosongkan ke dalam mangkuk dan dipersembahkan.
  6. Niweide’ (makanan) – bayangkan semua daging tubuh yang dipotong dan dipersembahkan.
  7. Shapta’ (suara) – bayangkan tulang paha diukir menjadi instrumen angin, sebagai persembahan kepada Trakze.

Setelah mengakhiri doa Kanshag, visualisasikan bahwa semua manifestasi negatif ini telah dihancurkan oleh Trakze dan rombongan. Visualisasi pemurnian dalam wujud murka, bentuk berdarah sebagai pelatihan bagi kita untuk tidak melekat atau jijik terhadap sesuatu yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Ini adalah metode lain di mana penolakan dipraktikkan melalui bermeditasi dengan melihat tubuh kita yang timbul dari karma negatif hancur lebur, dihancurkan dan dimusnahkan sebagaimana dalam ajaran Chod. Praktik ini mungkin bersifat penuh murka, tetapi semuanya masih dalam inti ajaran Buddha tentang penolakan, seperti ketika para biksu Thailand bermeditasi di kuburan atau di depan tulang dan tengkorak untuk mengaktualisasikan penolakan dari tubuh kita di mana kita memiliki pandangan yang salah tentang keabadian dan dengan demikian kita investasikan dengan waktu berlebihan, energi dan sumber daya untuk tubuh – ketika pada akhirnya kita gagal dan menjumpai kematian. Penolakan merupakan komponen yang sangat kuat dalam meditasi kita untuk mengaktualisasikan agar praktik Dharma kita menjadi murni. Kebutuhan untuk mengaktualisasikan penolakan adalah meluas di semua tiga Yana Buddhisme. (Akhir dari visualisasi)

Persembahan Bunga Murka.
Klik pada gambar untuk memperbesar.

Ini adalah persembahan bunga murka yang dibuat ketika membaca Kanshag. Ini adalah praktik yang sangat kuat yang berhubungan dengan “Chod” yang memotong semua kemelekatan terhadap tubuh. Beberapa merasa sulit untuk memahami alasan di balik persembahan keji dan “kotor” tersebut kepada Sang Buddha. Namun, kekejian atau kekotoran dirasakan dari pikiran tercemar. Dalam hal ini, Sang Buddha tidak memiliki karma untuk mendapat bahaya atau menerima sesuatu yang kotor di alam. Oleh karena itu, barang-barang apapun (baik itu divisualisasikan atau aktual) yang dipersembahkan kepada mereka akan berubah menjadi sesuatu yang menyenangkan, taman yang indah dan kolam kegembiraan.

Karena itu, ketika membuat persembahan ini sambil melafalkan Kanshag, kita memurnikan karma yang telah kita akumulasi dari banyak kehidupan. Kanshag harus dibaca sebanyak mungkin tetapi sebagai panduan, dapat diucapkan tiga, tujuh atau 21 kali selama setiap sesi doa, tergantung pada potensi penderitaan. Pelafalan Kanshag bersama-sama dengan visualisasi adalah metode yang sangat ampuh untuk memurnikan karma negatif dengan segera. Semakin banyak pelafalan Kanshag berikut visualisasi Trakze yang dapat kita lakukan, semakin cepat hasilnya. 100.000 pelafalan Kanshag kadang-kadang dilakukan oleh parabiksu bersama-sama selama beberapa hari karena sangat efektif. Tidak ada akibat negatif yang dapat timbul dari membaca Kanshag dari Trakze atau pelindung Dharma lainnya.

 

Torma

Setelah membaca Kanshag, adalah sangat bermanfaat untuk membuat persembahan torma kepada Pelindung Dharma.

Membuat torma tradisional: sang pembuat memakai masker untuk melindungi “kebersihan” dari torma dari nafas kita (yang dianggap tidak murni)

Torma adalah kue ritual yang sebagian besar terbuat dari tepung dan mentega yang digunakan sebagai persembahan dalam ritual Buddhisme Tibet. Torma dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran, sesuai dengan tujuannya, tetapi biasanya dalam bentuk kerucut. Mereka dapat dicelupkan dalam warna yang berbeda tergantung pada peruntukan praktiknya. Torma paling sering ditemukan dalam warna putih dan merah. Y.M. Kyabje Zong Rinpoche mengatakan tidak akan praktis untuk umat non-biarawan untuk mempersembahkan torma tradisional. Jadi dia mengatakan bahwa tidak apa untuk menawarkan hal-hal yang suka kita konsumsi misalnya kue dan biskuit. Jika kita bepergian atau berada di sebuah hotel, pesawat atau kereta api, kita masih bisa melakukan praktik Trakze tanpa persembahan, hanya bacaan dan visualisasi. Kita harus melakukan praktik ini pada waktu, tempat dan keadaan yang terbaik sesuai dengan kemampuan kita. Ketulusan, kepercayaan dan iman dalam melakukan praktik untuk Trakze pasti akan membuahkan hasil.

Sebuah susunan altar yang lebih sederhana. Untuk para praktisi yang tidak dapat membuat torma tradisional, dapat diganti dengan wadah yang berisi kue kering sebagai pengganti torma.

Bagi para praktisi biasa yang tidak terlatih untuk membuat bentuk torma tradisional, torma dapat direpresentasikan dengan botol kaca, diisi dengan biskuit. Jika seseorang ingin membuat persembahan torma, para torma berikut dapat dibuat:

  1. Satu toples besar berisi biskuit (persembahan torma untuk Lama Tsongkhapa)
  2. Satu toples besar berisi biskuit (persembahan torma untuk Trakze)
  3. Satu toples kecil berisi biskuit (persembahan torma untuk rombongan Trakze)

Namun, jika waktu terbatas, persembahan torma bisa menjadi opsional. Torma (biskuit) ditaruh dalam toples tertutup untuk mencegah serangga masuk kedalamnya. Anda dapat mempersembahkan torma di atas piring, mangkuk atau gelas dan membuangnya di tempat yang bersih di akhir puja/doa. Jika Anda berada di sebuah apartemen, Anda dapat memakan torma sebagai berkat atau jika Anda tidak ingin makan, dapat dibungkus dengan kertas dan kemudian membuangnya di tempat sampah.

 

Persembahan Teh Hitam (Serkym)

Praktik ini biasa disebut Persembahan Minuman Emas atau Serkym, yang merupakan bagian utama dari Dorje Shugden Kangsol. Praktik ini telah dikembangkan sebagai persembahan kepada Pelindung Dharma sebagai permintaan untuk pertolongan yang cepat. Karenanya, persembahan Serkym menjadi terkenal dan umumnya dipraktikkan oleh para praktisi modern untuk meminta pertolongan yang cepat, terutama pada saat mendesak. Secara tradisional, teh digunakan sebagai persembahan. Namun minuman lain seperti susu atau bahkan minuman berkarbonasi dapat digunakan sebagai pengganti.

Nampan Serkym tradisional

Persembahan tradisional Serkym dipersembahkan dengan menuangkan minuman ke dalam wadah dua tingkat, yang terdiri dari wadah yang lebih tinggi ditempatkan diatas mangkuk yang lebih rendah. Jika barang ritual Serkym (yang biasanya terbuat dari kuningan) tidak dapat diperoleh, seseorang dapat menggantinya dengan menggunakan gelas tinggi (seperti gelas anggur) ditempatkan dalam mangkuk kaca.

Selama persembahan, minuman dituangkan dari panci atau kendi ke dalam wadah lebih tinggi sampai cairan meluap mengisi mangkuk yang lebih rendah. Dalam ajaran Buddha, cairan meluap sangat menguntungkan sebagai simbol manfaat berlimpah, kebajikan, sumber daya materi dan kondisi yang kondusif untuk praktik Dharma.

Minuman dapat dituangkan sepenuhnya ke wadah sebelum pembacaan ayat-ayat Serkym, atau dapat menuangkan sedikit demi sedikit selama pembacaan ayat-ayat yang relevan dalam seluruh liturgi. Jika metode kedua yang dipilih, tuangkan sedikit teh ke dalam wadah yang lebih tinggi sehingga Anda tidak memberikan persembahan kosong kepada Buddha. Sebelum memulai, purifikasilah Serkym dengan melingkarkan dupa menyala tiga kali searah jarum jam di sekitar Serkym sambil melafalkan mantra ‘OM AH HUM‘.

Sambil membuat persembahan Serkym, visualisasikan minuman sebagai nektar ilahi yang luas mengisi seluruh samudra yang mewakili semua hal yang diinginkan di dunia yang menyenangkan panca indera.

 

Pelafalan Mantra

Setelah Anda menyelesaikan persembahan teh hitam (Serkym), bacalah mantra murka dari Dorje Shugden sebagai permintaan untuk perlindungan. Mantra Trakze adalah “OM BENZA WIKI BITANA RAKYA RAKYA HUNG”. Anda dapat membaca satu, tiga, tujuh atau sebanyak mungkin mantra yang Anda bisa. Dianjurkan untuk membaca sebanyak mungkin mantra. Penting untuk melakukan praktik dengan konsisten dan dilakukan setiap hari sampai penderitaan sudah benar-benar hilang. Setelah menyelesaikan pembacaan mantra selama setiap sesi, bacalah mantra purufikasi Vajrasattva selama 21 kali.

Selama pembacaan mantra, visualisasikan cahaya dari Trakze melindungi dan memberkati Anda dan Dorje Shugden mengelilingi Anda. Tidak ada yang bisa menembus perisai pelindung ini sementara Anda membacakan mantra ini.

Klik pada gambar untuk memperbesar

Sambil membaca mantra, visualisasikan Dorje Shugden memperbanyak dirinya menjadi triliunan jumlahnya, di 10 arah: Utara, Selatan, Timur, Barat, arah menengah, atas dan bawah. Dorje Shugden mengelilingi Anda dan lingkungan Anda dengan pancarannya, menawarkan perlindungan lengkap dari makhluk halus, bahaya, kekurangan atau benda berbahaya. Tidak ada yang bisa menembus atau melewati perlindungan ilahi ini. Bersamaan pula, tidak ada yang dapat meninggalkan perlindungan ini, karena Dorje Shugden mengamankan kebajikan Anda.

Kemudian dari gambar utama Dorje Shugden, visualisasikan bahwa dari suku kata “Hung” merah di hati, berbagai cahaya masuk ke dalam tubuh Anda. Kekuatan cahaya ini sangat kuat, membersihkan Anda. Untuk tujuan ilustrasi, seolah-olah Anda sedang berdiri di bawah air terjun. Air benar-benar membersihkan diri Anda, mengusir semua kotoran dalam diri Anda.

Visualisasikan cahaya merah gelap yang kuat datang dari Dorje Shugden memasuki hati Anda. Cahaya menyebar ke tubuh Anda sepenuhnya, mengusir semua kotoran melalui lubang Anda dalam bentuk kalajengking, ular, serangga dan kadal. Dari seluruh tubuh Anda, zat hitam dikeluarkan dan bagian dalam tubuh Anda yang tersisa adalah bersih dan jernih. Tenggelam dan dikelilingi oleh cahaya kebijaksanaan merah Dorje Shugden, Anda bersih dan murni.

Anda harus merasa sangat segar dan terjaga setelah melakukan visualisasi ini. Dengan sensasi “bersih” ini, pikirkanlah: “Pikiran saya yang memegang kendali. Saya memegang kendali. Tidak ada makhluk yang dapat merugikan saya, tidak ada makhluk jahat yang akan mencelakai saya”. Dengan pemikiran ini dan sambil membaca mantra, jangan menaklukkan makhluk dengan cara yang murka. Sebaliknya, kembangkan kasih sayang bagi mereka. Mereka menyebabkan Anda celaka karena, seperti orang-orang yang menyakiti Anda, mereka juga menderita.

Unsur yang paling penting dari praktik ini adalah untuk mengembangkan belas kasihan kepada makhluk-makhluk halus yang mencelakai Anda, karena itu adalah karma negatif makhluk halus ‘yang memaksa mereka untuk menciptakan karma negatif dengan mencelakakan Anda. Ketika Anda mengembangkan belas kasih bagi makhluk-makhluk ini, Anda tidak akan lagi memerlukan ritual. Dikatakan bahwa ketika kasih sayang yang mendalam dan tulus dikembangkan dalam pikiran Anda, makhluk halus akan meninggalkan Anda saat mereka mendengar suara Anda karena mereka tidak mampu untuk menyakiti makhluk dengan kasih sayang yang besar. Oleh karena itu, unsur yang paling penting untuk praktik ini adalah memiliki rasa kasih sayang yang besar.

Bila Anda melakukan praktik ini dengan kasih sayang dan melafalkan mantra bersama dengan visualisasi, tubuh, ucapan, dan pikiran akan terlindungi dari praktik ini. Tubuh Anda terjaga saat Anda duduk dalam postur meditasi, ucapan Anda menyatu bersama dengan pembacaan mantra dan pikiran Anda terfokus saat Anda melakukan visualisasi. Dengan demikian, ucapan dan pikiran Anda yang disebut sebagai tiga pintu, yang merupakan pintu gerbang untuk kotoran masuk, diblokir.

Lama Tsongkhapa di tengah dengan Vajrayogini (kiri) dan Setrap (kanan)

 

Dothey dan Dedikasi

Sebelum mengakhiri sesi, sangat baik untuk membaca doa Dothey, pujian untuk Dorje Shugden yang ditulis oleh Y.M. Kyabje Trijang Rinpoche. Setelah Anda selesai membaca Dothey, visualisasikan Trakze dan Lama Tsongkhapa larut ke dalam diri Anda dan bacakan doa peleburan. Dothey juga mengandung kata-kata kasar dan nasihat untuk ‘membunuh musuh, tetapi ayat-ayat kasar hanya mengacu sebagai simbologi, tidak benar-benar diarahkan pada makhluk hidup. Dalam praktik Buddhis apapun, tidak ada makhluk hidup yang dicelakakan melalui ritual, pikiran, meditasi dan tindakan. Kata ‘membunuh’ di Dothey mengacu pada penghancuran musuh dalam diri yaitu ego, keegoisan, rasa kikir, kemarahan dan kebencian. Jadi ‘membunuh musuh’ di Dothey mungkin terdengar cukup keras tetapi mengacu pada kekerasan yang benar-benar kita buat secara emosional kepada orang-orang di sekitar kita. Praktik ini bertujuan untuk ‘membunuh’ emosi negatif dalam diri kita atau setidaknya menyadari –musuh yang di dalam diri.

Akhiri sesi dengan dedikasi singkat. Hal ini sangat penting untuk membuat dedikasi penuh kasih sayang yaitu agar semua makhluk terbebaskan dari kesengsaraan. Kemudian, Anda melakukan dedikasi agar Anda terbebas dan terlindung dari penderitaan.

 

Perlindungan Tambahan

Memberkati barang-barang untuk perlindungan

Setelah Anda selesai membacakan mantra, Anda dapat melakukan beberapa hal yaitu:

  1. Meniup pada beberapa beras yang kering, polos dan disimpan di dalam wadah yang bersih
  2. Meniup pada diri sendiri
  3. Meniup air dalam botol

Ketika Anda membaca mantra, yang merupakan manifestasi suara dari kebajikan Sang Buddha, dikatakan bahwa nafas Anda menyatu dengan energi positif dari mantra tersebut. Oleh karena itu Anda salurkan energi ampuh ini ketika Anda meniup ke benda-benda ini.

Air yang telah diberkati dapat digunakan untuk mandi atau minum untuk mengeluarkan makhluk-makhluk halus. Ini juga dapat diberikan kepada seseorang yang menderita gangguan makhluk halus atau ilmu hitam. Air dapat dicipratkan di seluruh rumah atau di mana pun Anda merasakan kehadiran suatu entitas yang tak terlihat.

Beras yang telah diberkati dapat dibakar di tempat-tempat yang mengalami gangguan. Oleh karena itu, jika rumah Anda memiliki gangguan, Anda dapat membakar beras, yang diresapi dengan kekuatan mantra dan diaktifkan bila dibakar.

Ketika meniupkan energi mantra pada diri sendiri, saluran pada tubuh Anda akan diblokir sehingga energi negatif tidak bisa memasuki tubuh yaitu: dua mata, dua sisi lubang hidung, mulut, dua telinga, kedua jari manis Anda, anus dan organ rahasia. Ini adalah 11 saluran di mana makhluk halus merasuki Anda jika dibiarkan tanpa perlindungan. Untuk perlindungan ekstra, Anda dapat mengambil sedikit air dan meletakkannya di 11 daerah-daerah tersebut. Untuk dua lubang bagian bawah, Anda percikkan air di daerah depan dan belakang dan visualisasikan dua lubang tersebut telah diblokir.

(1, 2 dan 3 adalah opsional, kita bisa saja cukup melafalkan mantra dan mengakhirinya.)

Membantu Teman

Jika seorang teman atau anggota keluarga mengalami gangguan tersebut, Anda dapat memvisualisasikan teman Anda dilindungi oleh asap, api dan petir Trakze, dengan teman berdiri menghadap Trakze dan banyak cahaya merah yang penuh gejolak berasal dari Trakze, menyatu ke teman Anda dan membebaskan dia dari segala penyakit, penderitaan dan ia diberkati dengan ketenangan pikiran. Anda juga dapat melakukannya secara bersamaan untuk teman dan diri sendiri karena kemampuan Trakze tidak terbatas.

Anda juga dapat memberi mereka air atau beras yang telah diberkati sehingga mereka dapat menggunakannya untuk menghilangkan energi negatif di lingkungan mereka. Dalam beberapa kasus, beberapa roh jahat mulai menyebabkan gangguan pada orang-orang di sekitar Anda. Jika situasi seperti ini terjadi, Anda juga bisa memasukkan seluruh keluarga Anda dalam visualisasi Anda agar mereka tetap aman.

 

Kesimpulan

Trakze tidak lain adalah Manjushri dalam bentuk murka, beremanasi secara khusus untuk melawan rintangan dan entitas yang mengganggu. Secara umum, praktik Trakze dapat memurnikan lingkungan, memberkati bisnis seseorang, melindungi rumah seseorang, dan memberikan berkat kepada orang yang dicintai, tetapi tujuan sebenarnya dari praktik Trakze adalah untuk mendapat berkah memperoleh pemahaman dalam ajaran-ajaran Dharma yang lebih dalam dan memfasilitasi praktik pelatihan pikiran seperti Lojong. Pada akhirnya, Buddha Manjushri dapat mewujud dalam berjuta bentuk dan penampilan, baik yang hidup maupun mati karena pikiran yang tercerahkan tidak memiliki batasan. Melakukan latihan Trakze akan memberkati kita dan lingkungan kita untuk membantu meningkatkan kegiatan Dharma, energi positif, dan memfasilitasi pencapaian. Makhluk tercerahkan akan mewujud, bermanifestasi lagi dan lagi sesuai dengan waktu, tempat, keadaan dan hubungan karma dari makhluk hidup yang mereka tolong.

Lukisan dinding Dorje Shugden dan Setrap (Biara Tsem, Yara, Tibet). Klik pada gambar untuk memperbesar.

Jadi, praktik Dorje Shugden adalah praktik berumur 400 tahun dan dianggap relatif baru, karena sekarang ini banyak yang membutuhkan jenis emanasi ini. Kedekatan Dorje Shugden dan kemampuan khusus untuk membantu makhluk akan berkembang lebih luas seiring waktu. Kita dapat bertumpu pada Dorje Shugden dalam bentuknya seperti Trakze sebagai praktik Pelindung Dharma utama kita. Sekali lagi, Dharma Protector bukan merupakan praktik utama kita tapi kadang-kadang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah sehari-hari yang kita hadapi. Sekali kita percaya dan mengandalkan Dorje Shugden, selama tahun demi tahun berlalu, kita akan melihat jalinan hubungan khusus akan terbentuk dan ia akan mengurus kita bagaikan seorang ayah kepada anak tunggalnya.

Kasih sayang, kebijaksanaan dan kekuatan Dorje Shugden adalah tidak terbatas karena ia adalah Buddha yang telah tercerahkan, yang mewujud sebagai Pelindung Dharma. Betapa beruntungnya kita bahkan hanya mendengar namanya dan juga untuk terlibat dalam praktik. Apakah Anda Buddhis atau non-Buddhis, Gelug atau sekolah lainnya Buddhisme, miskin atau kaya, laki-laki atau perempuan tidak masalah. Orang-orang suka melabeli Dorje Shugden sebagai pelindung Gelugpa tapi itu kesalahan karena ia tidak lain adalah Manjushri, dan Manjusri tidak dapat dikelompokkan atau dimasukkan dalam kerangka Gelug saja.

Dorje Shugen yang benar memiliki hubungan khusus dengan Lama Tsongkhapa dan ajaran-ajarannya karena dalam satu kehidupan, ia adalah salah satu dari 8 murid utama Buddha Tsongkhapa. Tetapi bahkan sebelum Lama Tsongkhapa, ia menjelma sebagai banyak guru besar di Tibet, Nepal, India, dan China. Ia sebenarnya salah satu Kaisar Cina dinasti Qing bernama Kangxi. Kangxi memperkenalkan ajaran Buddhisme dan Lama Tsongkhapa ke dalam istana Cina dan negara Cina. Kaisar Cina dinasti Qing dan keturunan mereka disebut Manchuria. Menurut catatan sejarah resmi dinasti Qing, penelitian mengenai Asal Mula Manchu; nama etnis ‘Manchu’ berasal dari Manjushri. Kaisar QianLong juga mendukung klaim ini tentang asal-usul nama etnik mereka dan menulis beberapa puisi mengenai subjek terkait.

Kangxi dikenal sebagai seorang kaisar bijaksana yang memerintah warganya dengan adil dan welas asih. Pada masa pemerintahannya, yang merupakan masa perdamaian dan kemakmuran, bidang sastra, seni, tarian, kebudayaan dan agama berkembang ke seluruh pelosok kerajaannya. Klik pada gambar untuk memperbesar.

Garis silsilahnya dapat ditelusuri kembali ke salah satu dari 84 Mahasiddha. Berkat dan perlindungan Dorje Shugden akan diberikan kepada siapa saja yang tulus memanggil energinya yang tercerahkan. Sekali lagi saya ingin menekankan ia tidak hanya membantu praktisi Gelugpa dan penganut agama Buddha, tapi siapapun dari segala lapisan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Misalnya praktiknya juga umum dalam Sakya, di mana ia digambarkan menunggangi seekor kuda hitam. Jika Anda percaya sebaliknya, Anda membatasi kekuatan makhluk tercerahkan. Dorje Shugden dalam wujudnya akan membantu siapa saja yang tulus meminta bantuannya. Anda tidak perlu menjadi seorang Buddhis atau pergi melalui ritual khusus untuk menerima bantuannya. Dimulai dari kenyamanan rumah Anda, Anda dapat mengunduh praktik harian yang telah saya sertakan di sini dan mulailah segera. Baca ulasan ini dengan cermat dan teliti untuk pengetahuan dan pemahaman. Jangan takut jika Anda tidak dapat melakukan visualisasi atau persembahan ‘sempurna’ karena Dorje Shugden adalah Buddha dan tidak akan ‘marah’ dengan apa pun yang kurang. Ketulusan dan konsistensi adalah kuncinya. Bila Anda mengandalkan Dorje Shugden dengan konsisten dan dari waktu ke waktu Anda akan memiliki sekutu yang kuat sebagai teman Anda, bantuan, pelindung dan kepercayaan. Percayalah pada Dorje Shugden setulusnya. Tidak ada bagian manapun dari praktiknya yang bisa membawa mara bahaya dengan cara apapun. Ratusan biksu yang memiliki pencapaian tinggi dari aliran Buddhisme Gelug dan Sakya telah mengandalkan Dorje Shugden selama 400 tahun. Banyak lembaga monastik besar serta praktisi awam yang kuat berada di bawah perlindungan penuh dari pelindung ilahi ini. Jika Anda menemukan praktik ini, bisa jadi ini adalah indikasi bahwa Anda memiliki hubungan yang kuat. Ambil gambar, cetak dan letakkan di depan altar dan mulailah melakukan praktik ini. Bagi mereka yang terlalu muda, sakit atau tua dan melakukan praktik sehari-hari mungkin terlalu berat, mereka bisa menyimpan foto Dorje Shugden atau Trakze dekat mereka dan hanya melafalkan mantra-nya. Sekali lagi ketulusan dan kepercayaan adalah kuncinya. Saya sungguh-sungguh mengharapkan yang terbaik bagi kalian.

Tim saya telah bekerja sangat keras dan selama berhari-hari bersama saya demi menghantarkan kompilasi ini untuk Anda semua. Dari lubuk hati yang terdalam, saya berterima kasih pada tim saya yang dengan penuh welas asih bekerja keras dan membantu saya dengan satu tujuan yaitu memberikan manfaat. bagi kalian Mereka adalah orang-orang yang benar-benar hebat dan baik hati. Kami memiliki banyak orang seperti mereka di Kechara dan saya merasa terhormat untuk mengatakannya. Terima kasih banyak!

Saya mendedikasikan semua pahala menuju kebahagiaan, kedamaian, pertumbuhan dan pembebasan kepada tim saya. Saya juga mendedikasikan manfaat untuk pemegang silsilah agung dari semua tradisi dan semua guru yang berbicara tentang perdamaian, cinta dan kasih sayang agar berumur panjang dan memperoleh keberhasilan. Ini telah menjadi kehormatan yang luar biasa, hak istimewa dan kebahagiaan bagi saya dan tim saya untuk membawa praktik Trakze yang sangat bermanfaat untuk pertama kalinya di sini. Saya berharap semua orang mencapai kesuksesan, kesehatan, pertumbuhan dan pembebasan. Semoga Anda selalu berada dekat di bawah bentuk damai, murka, mistik dari Manjushri yang luar biasa dalam kehidupan ini dan semua kehidupan yang akan datang.

Sarva mangalam.

Tsem Rinpoche

 

Dedikasi oleh Tsem Rinpoche

Aspirasi untuk mempersembahkan praktik adalah untuk memberikan manfaat kepada banyak orang. Semoga mereka yang berlatih Dorje Shugden sebagai Trakze atau emanasi Dorje Shugden lainnya terbebas dari penderitaan mereka, ilmu hitam, hambatan dan makhluk halus. Semoga sumber daya yang mereka butuhkan untuk hidup yang baik dan praktik spiritual diberikan oleh Dorje Shugden Trakze. Semoga mereka memiliki ketenangan pikiran, tidur yang damai, keluarga damai, kehidupan yang damai dan bebas dari kecelakaan. Harap diingat Dorje Shugden adalah Buddha perdamaian dunia yang mewujud sebagai pelindung Dharma dan batinnya adalah sama dengan Manjushri yang sepenuhnya tercerahkan. Doa dan praktik yang berharga disediakan bagi Anda secara cuma-cuma, terutama bagi mereka yang benar-benar membutuhkannya.

Saya telah bekerja dengan tim saya untuk mengkompilasi semua ini dengan harapan bahwa ini akan membawa manfaat yang besar.

Invite Trakze’s blessings into your life with an exquisitely detailed Trakze resin tsa tsa with antique bronze finish. Click on image to enlarge. Click here to invite a tsa tsa home!

Undanglah berkat Trakze dalam hidupmu dengan memperoleh tsa tsa Trakze dari resin. Tsa tsa ini sangat detil dan berwarna seperti perunggu antik. Klik pada gambar untuk memperbesar. Klik di sini untuk mengundang sebuah tsa tsa ke rumahmu!

[Catatan dari tim blog ini: Apabila kalian memerlukan benda-benda Dharma untuk melakukan praktik kalian, kunjungi http://www.vajrasecrets.com/]

 

Untuk membaca informasi menarik lainnya:

 

Please support us so that we can continue to bring you more Dharma:

If you are in the United States, please note that your offerings and contributions are tax deductible. ~ the tsemrinpoche.com blog team

9 Responses to Dorje Shugden Trakze Untuk Menghalau Gangguan Ilmu Hitam & Makhluk Halus (Bahasa Indonesia)

DISCLAIMER IN RELATION TO COMMENTS OR POSTS GIVEN BY THIRD PARTIES BELOW

Kindly note that the comments or posts given by third parties in the comment section below do not represent the views of the owner and/or host of this Blog, save for responses specifically given by the owner and/or host. All other comments or posts or any other opinions, discussions or views given below under the comment section do not represent our views and should not be regarded as such. We reserve the right to remove any comments/views which we may find offensive but due to the volume of such comments, the non removal and/or non detection of any such comments/views does not mean that we condone the same.

We do hope that the participants of any comments, posts, opinions, discussions or views below will act responsibly and do not engage nor make any statements which are defamatory in nature or which may incite and contempt or ridicule of any party, individual or their beliefs or to contravene any laws.

  1. Dewi on Mar 12, 2023 at 8:01 am

    Terima kasih kepada Rinpoche dan semua anggota tim yang menyebarkan doa ini.

    Sudah 4 tahun saya mengalami gangguan. Secara mental, seperti ada makhluk yang selalu mengawasi saya dengan kebencian. Hal ini sangat mengganggu saya.

    Tatapan benci tersebut hilang sejak pertama kali saya praktek doa Trakze. Ketika berdoa, tidak terjadi apa-apa. Biasa saja. Setelah berdoa malam tsb, saya tidur. Saya terbangun subuhnya dan semua tatapan benci tsb sudah lenyap.

    Malah seperti ada yang ganti mengawasi saya dengan perhatian/kebaikan hati/tanggung jawab. Susah untuk dijelaskan, tapi sungguh terjadi.

    Sudah kurang lebih 10 hari saya rutin doa Trakze ini. Sampai sekarang sudah tidak lagi terganggu oleh makhluk yang dulu ganggu saya dengan tatapan kebencian. Malah saya kadang merasakan seperti ada makhluk baik hati sedang mengawasi saya.

    Sekali lagi terima kasih banyak. Memang saya tidak menang lotre setelah doa ini, tetapi saya mendapat sahabat spiritual yang baik hati.

    Trakze sudah “mengurus” makhluk yang mengikuti saya dengan tatapan benci selama bertahun-tahun. Saya yakin Trakze juga memperlakukan dengan baik kepada makhluk yang sudah mengganggu saya.

    • Dewi on Mar 12, 2023 at 4:37 pm

      Saya lupa bilang. Tidak tahu apa ada pengaruhnya dari altar. Saya sembahyang Trakze di rumah di altar pribadi. Altarnya sudah saya atur agar sesuai saran dari Rinpoche: stupa, buku kitab, gambar Trakze, persembahan air, sensory offerings, kue kering, serkyem. Hanya saja di altar saya juga ada patung Buddha dan beberapa Bodhisattva lain. Di altar saya juga ada beberapa barang suci dari Vajrasecret: holy rilbus Tsem Rinpoche, tsatsa Dulzin Shugden, protector rice. Altar tsb tinggi 80 cm. Tiap kali doa Trakze, saya duduk di lantai.

      • Lobsang Dekyi on Mar 14, 2023 at 9:14 pm

        Dewi

        Terima kasih telah berbagi pengalaman setelah melaksanakan praktik Trakze. Trakze adalah emanasi Buddha Kebijaksanaan Manjushri. Jadi walaupun di altar Dewi sudah ada rupang Buddha dan Bodhisattva yang lain, tidak masalah.

        Apabila Dewi ada pertanyaan dalam melakukan praktik ini, jangan sungkan menghubungi kami.

        Semoga Dewi selalu dilindungi oleh Trakze dan apabila memungkinkan, silahkan kunjungi kami di Kechara Forest Retreat.

        Salam sejahtera
        Lobsang Dekyi

        • Dewi on Mar 15, 2023 at 7:42 pm

          Beberapa hari sesudah saya mulai praktik Trakze, setiap bangun tidur saya merasa seperti ada aliran hangat dan nyaman di badan saya. Sepertinya saya sedang diobati. Seolah-olah roh/jiwa saya sedang “dibersihkan” .

          Aliran hangat tsb agak mirip seperti kalau saya minum jamu Cina “Wu ji bai feng yan” . Jamu tsb juga memberi efek hangat di badan. Bila kita meminumnya sebelum tidur, setelah bangun tidur akan terasa badan dipenuhi aliran hangat yang nyaman.

          Hanya saja, saya sudah lama tidak minum jamu tsb sejak saya jadi vegetarian. Jadi, aliran hangat tsb sudah pasti bukan akibat jamu-jamu tiongkok. Saya juga tidak minum alkohol ataupun jahe. Memang saya sangat jarang konsumsi alkohol maupun jahe.

          Selain efek aliran hangat di sekujur tubuh, ada ketenangan kedamaian dari praktik Trakze. Sedangkan jamu “Wu ji bai feng yan” hanya memberi efek aliran hangat di tubuh, tapi tidak memberi efek kedamaian/ketenangan.

          Trakze baik. Sangat baik.

          Terima kasih juga rekan Vajrasecret memberi tahu saya bahwa persembahan air dan makanan harus dibersihkan dari altar sebelum tidur atau sesudah doa.

          Saya mengalami bahwa disiplin dalam membersihkan altar dan area sekitarnya (menjaga kebersihan & kerapian) membantu suksesnya praktik Trakze. Saya pernah dengar kalau alam dewa memang menyukai kebersihan. Alam dewa tidak betah tempat yang bau dan kotor. Praktik Trakze bukankah meminta tolong kepada alam dewa?

          Saya tidak tahu kenapa praktik Dorje Shugden dilarang. Saya hanya praktik Trakze Shugden. Bagi saya, praktik Trakze sangat positif.

          Saya tidak bisa komentar soal praktik Dorje Shugden jenis lainnya sebab saya hanya praktik yang jenis Trakze Shugden. Saya tidak praktik Wangze Shugden, Shize Shugden, ataupun Gyenze Shugden.

          • Lobsang Dekyi on Mar 16, 2023 at 10:00 pm

            Dear Dewi

            Sadhana Trakze mencakup Kawang. Fungsi dari Kawang adalah memurnikan karma negatif kita. Jadi ketika Dewi melakukan praktik Trakze, Dewi juga memurnikan karma negatif yang ada pada diri Dewi. Maka dari itu sadhana ini sangat efektif karena selain mengundang berkat dari Trakze, kita juga mengurangi karma negatif yang kita ciptakan baik pada kehidupan ini atau terdahulu. Mungkin karena itulah Dewi merasa lebih ringan.

            Trakze adalah bentuk paling murka dari Dorje Shugden dan sangat cocok untuk melindungi dari situasi yang sangat berbahaya atau gangguan paranormal. Dan mungkin karena situasi yang dihadapi Dewi sebelumnya dan karena berjodoh maka Dewi bisa menemukan praktik Trakze ini yang kebetulan sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

            Memang benar menjaga kebersihan ruangan dan altar sangatlah penting. Untuk mengetahui mengapa kebersihan itu penting. Karena dalam kehidupan biasa bila ada tamu penting mau datang ke rumah kita, kita juga pasti membersihkan rumah. Dalam hal ini Dewi mengundang Trakze ke rumah Dewi.

            Trakze adalah Dorje Shugden yang merupakan emanasi Manjushri, Buddha Kebijaksanaan dalam bentuk pelindung. Beliau mengambil bentuk dewa agar lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan berkatnya. Jadi Ketika Dewi berdoa kepada Dorje Shugden Trakze, Dewi mendapatkan berkat dari Manjushri. Pikiran juga lebih tenang dan jernih dan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah2 yang ada. Ini adalah manfaat berdoa kepada Manjushri.

            Dan benar kata Dewi, konsistensi sangatlah penting. Jadi sebisa mungkin laksanakan praktik Trakze ini setiap hari.

            Mengenai pertanyaan Dewi mengapa ada yang mengatakan praktik Dorje Shugden itu dilarang. sebetulnya situasi ini sudah diramalkan oleh Trijang Rinpoche, yang merupakan Guru dari Yang Suci Dalai Lama dalam bukunya Music Delighting Ocean of Protector ( https://www.tsemrinpoche.com/?p=87242 ) Buku ini ditulis sebelum Trijang Rinpoche terdahulu memasuki parinirvana pada awal tahun 80an dan mencakup asal muasal Dorje Shugden (Konflik pelarangan Dorje Shugden baru ada tahun 1996).

            Buku ini juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan bisa diunduh di link di atas.

            Trijang Rinpoche menyarankan agar kita tetap menjaga keyakinan kepada Dalai Lama dan Dorje Shugden karena sebetulnya mereka (Dorje Shugden dan Dalai Lama) bekerja untuk menyebarkan Dharma walau terlihat seperti bertikai dan semua ini adalah permainan ilahi untuk memberi manfaat bagi semua makhluk. Dan kalau kita pikir, memang benar, karena ada pelarangan ini, makin banyak orang yang mengenal dan mempelajari tentang Dorje Shugden dan pada akhirnya merasakan manfaat dari praktiknya seperti Dewi.

            Jadi kami di Kechara memiliki keyakinan yang sangat besar kepada pelindung Dorje Shugden dan Yang Suci Dalai Lama. Guru kami, H.E. Tsem Rinpoche juga menerima sumpah biksunya dari Yang Suci Dalai Lama dan sangat menghormati beliau.

            Saya harap penjelasan saya di atas menjawab pertanyaan2 yang ada di benak Dewi. Dan kalau ada lagi yang ingin ditanyakan jangan sungkan menghubungi kami.

            Salam
            Lobsang Dekyi

        • Dewi on Mar 17, 2023 at 3:17 am

          Dear Bu Lobsang Dekyi,

          Umat Buddha saya perhatikan sering berselisih/bertengkar satu sama lain. Bertengkar dengan yang satu aliran. Juga bertengkar dengan yang beda aliran.

          Sedangkan saya tidak peduli soal siapa lagi berantem sama siapa. Saya cuma mau masalah dalam hidup saya beres. Hidup sebisa mungkin lancar atau dilancarkan yang tersendat.

          Bila devosi kepada Shugden bisa bantu saya, ya sudah, saya lakukan. Toh, saya tidak menyembah setan.

          Kalau di kemudian hari muncul keanehan-keanehan dalam hidup saya karena devosi Shugden, barulah akan saya pikirkan jalan keluar berikutnya. Semoga ketemu.

          Saya gak mau rumit.

          Sebenernya saya mau ikut “terapi” dabeicou (Mahakaruna Dharani). Itu juga bisa untuk atasi masalah roh jahat dan memurnikan karma buruk. Masalahnya, syaratnya harus jadi vegan selama 1000 hari berturut-turut. Sedangkan saya masih mentok di vegetarian/flexitarian.

          Praktik Shugden saya tahunya dari WAG Mahayana. Sebenernya awal denger sekitar 2-3 tahun lalu. Katanya praktik ini sifatnya “panas” , jadi tidak cocok untuk orang yang emosian. Makanya, awalnya saya jadi mikir-mikir. Apalagi praktik Shugden kontroversial. Banyak pro kontra.

          Setelah praktik Trakze, yang saya “temui” justru “makhluk/roh” yang gak bisa ngamuk dan gak punya rasa benci. Itu nama/sebutannya saja “wrathful” . Sedangkan yang saya temui justru gak bisa atau gak mau ngamuk. Dia juga sama sekali tidak punya niat buruk kpd makhluk lain. Gak ada “wrath”-nya sama sekali. Sampe bingung saya kok ada orang kayak gini??

          Di Theravada saya diajari bahwa isi pikiran kita, kecenderungan kita, menentukan kita akan terlahir kembali di mana (setelah kita mati). Nah, siapapun itu yang ” kontak” saya setelah saya doa Trakze, kualitas pikirannya sudah bukan manusia biasa. Sudah pasti minimal alam surga. Mungkin malah lebih dari itu.

          Semoga Bu Lobsang Dekyi selalu bahagia.

          Hormat saya,
          Dewi

          • Lobsang Dekyi on Mar 17, 2023 at 12:56 pm

            Ibu Dewi

            Saya rasa sebagai seorang praktisi agama Buddha, yang bisa kita lakukan adalah untuk tidak ikut dalam pertikaian/konflik yang ada. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah saling menghormati agama atau aliran kepercayaan lain, dan tidak menjadi sebab atau berkontribusi sebagai penyebab ketidakharmonisan.

            Sebetulnya semua ajaran dalam berbagai aliran agama Buddha baik itu Sakya, Gelug, Nyingma maupun Kagyu apabila diikuti dengan ketulusan dan konsistensi akan membawa pada pencerahan. Hanya metodenya saja yang beragam karena sifat dan disposisi masing2 individu berbeda2.
            Jadi yang kami sarankan adalah pilih aliran yang cocok dengan Dewi dan kemudian ikuti ajarannya dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Karena apabila berpindah2 kita hanya mendapatkan manfaat sedikit dari berbagai tempat (jadi semua aliran agama Buddha itu efektif, hanya saja kita harus mendalami ajarannya dengan baik).

            Mengenai Tai Pei Choi atau Maha Karunia Dharani. Sebelum bertemu dengan guru saya, H.E. Tsem Rinpoche, saya melafalkan Tai Pei Choi 3000x sembari berdoa agar menemukan pembimbing spiritual yang baik. Dan tidak lama setelah menyelesaikan pelafalan ini, saya bertemu dengan Tsem Rinpoche dan Kechara. Jadi tidak ada konflik antara Tai Pei Choi dan Dorje Shugden Trakze. Silahkan dilanjutkan apabila Dewi masih melakukan pelafalan ini.

            Pada saat saya baru mengenal Dorje Shugden, guru saya menyarankan agar saya mempelajari dan meneliti mengenai Dorje Shugden dengan baik. Dengan adanya pengertian, maka keyakinan kita semakin besar. Dengan keyakinan yang besar, lebih mudah bagi kita untuk merasakan berkat dari Dorje Shugden. Jadi silahkan Dewi pelajari mengenai Dorje Shugden mulai dari artikel “Pengenalan Pemula Terhadap Dorje Shugden” – https://www.tsemrinpoche.com/?p=212681

            Pada artikel2 ini berbagai pertanyaan Dewi akan terjawab seperti mengapa Buddha atau Pelindung Dharma terlihat murka. Kemurkaan mereka adalah bentuk kasih terhadap kita. Seperti seorang ibu yang melihat anaknya bermain api, tentunya ibu tersebut akan berteriak atau menegur anaknya. Tetapi “kemurkaan” bukanlah didasari kebencian, melainkan kasih sayang dan keinginan agar anaknya tidak celaka.

            Apabila ada pertanyaan lain, jangan sungkan menghubungi kami

            Salam
            Lobsang Dekyi

        • Dewi on Mar 20, 2023 at 5:39 pm

          Saya rada jengkel sama yang bilang bahwa praktik Shugden bersifat “panas” , jadi gak cocok buat orang yang emosian. Gara-gara omongan kayak gitu, saya selama 2-3 tahun menghindari praktik Shugden sebab saya kuatir bakal jadi gampang marah-marah kalo saya praktek Shugden. Itu orang di WAG Mahayana yang bilang soal hawa “panas” praktik Shugden blablabla.

          Omongan dia tidak terjadi. Malah saya mengalami bahwa Shugden itu “orangnya” gak bisa ngamuk sama sekali. Padahal saya praktik Trakze Shugden yang adalah bentuk paling “murka” dari Shugden (katanya). Ternyata waktu awal-awal saya ditolong Shugden, saya mengalami bahwa Shugden (atau apapun itu yang nongol akibat praktik Trakze) adalah tipe makhluk suci yang gak bisa ngamuk. “Kebaca” dari energinya. Di saya, hadirnya berupa semacam energi.

          Saya sudah cerita bahwa saya diganggu makhluk yang selalu ikuti saya dengan benci selama 4 tahun. Saya sudah mengalami roh galak dan jahat itu kayak apa.

          Sebaliknya, energi yang muncul akibat saya praktik Trakze Shugden adalah energi yang suci/kudus, “membersihkan” , membawa damai/ketenangan, dan “dia” ini sama sekali gak bisa ngamuk. Sepertinya emang udah sifatnya. Sudah pembawaannya gak bisa marah.

          Saya baca-baca tulisannya Them Rinpoche kalo Shugden ini pada kehidupan-kehidupan sebelumnya sudah bolak-balik jadi biarawan/biksu. Saya yakin itu benar sebab karakternya/energinya Shugden beda jauh dengan roh-roh yang galak, roh penasaran, roh kiriman dukun dll.

          • Lobsang Dekyi on Mar 21, 2023 at 6:36 pm

            Ibu Dewi yang baik

            Saya rasa semua kembali pada karma masing2 individu. Apabila ada penundaan sebelum melaksanakan praktik Shugden, apapun sebabnya, itu dikarenakan karma kita untuk melakukan dan mendapatkan manfaat dari praktik ini memang belum matang. Jadi jangan menyalahkan siapapun yang kita anggap sebagai penyebab penundaan ini. Dengan berpikir seperti ini, pikiran kita juga lebih damai dan bahagia.

            Yang lebih penting sekarang adalah setelah melaksanakan praktik Trakze ini, Dewi mendapatkan bantuan dari beliau. Jadi ini sesuai dengan tujuan Yang Mulia Tsem Rinpoche untuk menyebarkan praktik Shugden yaitu agar orang lain yang membutuhkan bisa mendapatkan manfaatnya. Jadi sekarang sebaiknya Dewi berfokus mempelajari sifat Dorje Shugden yang sebenarnya dan tetap konsisten menjalankan praktik ini. Sehingga di masa depan Dewi bisa menggunakan pengetahuan dan pahala yang didapat untuk meneguhkan keyakinan apabila ada yang mengeluarkan kata-kata tidak enak mengenai Shugden tanpa alasan yang jelas. Toh pada akhirnya kita harus berpikir berdasarkan logika. Dan bila Dewi menemukan orang lain yang kiranya akan menerima dan membutuhkan praktik ini, lebih mudah bagi Dewi untuk meyakinkan mereka sehingga secara tidak langsung kita membantu mereka menyelesaikan masalah yang dihadapi.

            Sekali lagi kami sangat senang mendengar manfaat positif yang dialami Dewi. Mudah2an banyak yang terinspirasi dengan cerita Dewi.

            Salah hangat
            Lobsang Dekyi

Leave a Reply

Maximum file size: 15MB each
Allowed file types: jpg, jpeg, gif, png

 

Maximum file size: 50MB
Allowed file type: mp4
Maximum file size: 15MB each
Allowed file types: pdf, docx

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blog Chat

BLOG CHAT

Dear blog friends,

I’ve created this section for all of you to share your opinions, thoughts and feelings about whatever interests you.

Everyone has a different perspective, so this section is for you.

Tsem Rinpoche


SCHEDULED CHAT SESSIONS / 聊天室时间表

(除了每个月的第一个星期五)
SUNDAY
8 - 9PM (GMT +8)
4 - 5AM (PST)

UPCOMING TOPICS FOR MARCH / 三月份讨论主题

Please come and join in the chat for a fun time and support. See you all there.


Blog Chat Etiquette

These are some simple guidelines to make the blog chat room a positive, enjoyable and enlightening experience for everyone. Please note that as this is a chat room, we chat! Do not flood the chat room, or post without interacting with others.

EXPAND
Be friendly

Remember that these are real people you are chatting with. They may have different opinions to you and come from different cultures. Treat them as you would face to face, and respect their opinions, and they will treat you the same.

Be Patient

Give the room a chance to answer you. Patience is a virtue. And if after awhile, people don't respond, perhaps they don't know the answer or they did not see your question. Do ask again or address someone directly. Do not be offended if people do not or are unable to respond to you.

Be Relevant

This is the blog of H.E. Tsem Rinpoche. Please respect this space. We request that all participants here are respectful of H.E. Tsem Rinpoche and his organisation, Kechara.

Be polite

Avoid the use of language or attitudes which may be offensive to others. If someone is disrespectful to you, ignore them instead of arguing with them.

Please be advised that anyone who contravenes these guidelines may be banned from the chatroom. Banning is at the complete discretion of the administrator of this blog. Should anyone wish to make an appeal or complaint about the behaviour of someone in the chatroom, please copy paste the relevant chat in an email to us at care@kechara.com and state the date and time of the respective conversation.

Please let this be a conducive space for discussions, both light and profound.

KECHARA FOREST RETREAT PROGRESS UPDATES

Here is the latest news and pictorial updates, as it happens, of our upcoming forest retreat project.

The Kechara Forest Retreat is a unique holistic retreat centre focused on the total wellness of body, mind and spirit. This is a place where families and individuals will find peace, nourishment and inspiration in a natural forest environment. At Kechara Forest Retreat, we are committed to give back to society through instilling the next generation with universal positive values such as kindness and compassion.

For more information, please read here (english), here (chinese), or the official site: retreat.kechara.com.

Noticeboard

Name: Email:
For:  
Mail will not be published
  • Samfoonheei
    Friday, Mar 15. 2024 07:31 PM
    Venerable Ajahn Chah was a Thai Buddhist teacher of the Buddhadhamma and a founder of two major monasteries in the Thai Forest Tradition. Well respected and loved as a man of great wisdom, he was also instrumental in establishing Theravada Buddhism in the West. Interesting life story, how he chose to leave the settled monastic life and became a wandering ascetic. Walking across Thailand, lived in forests, caves and cremation grounds while learning from the meditation monks of the Forest of various monasteries. He wandered through the countryside in quest of quiet and secluded places for developing meditation. He even lived in tiger and cobra infested jungles, using reflections on death to penetrate to the true meaning of life. After years of wandering, Venerable Ajahn Chah established a monastery where he taught simple, practice-based form of meditation, and attracted a numerous of students including western foreigners. He was one of the greatest Dhamma teachers of the modern era. His wise teachings have continued to guide thousands of people along the path of Dharma. Venerable Ajahn Chah’s teachings of the Thai Forest Tradition gradually spread across all over the world. Several of Ajahn Chah’s Western students have since established monasteries throughout the world. Just in Thailand itself, there are more than 300 branch monasteries in Ajahn Chah’s tradition. Ven erable Ajahn Chah used his ill health as a teaching point, emphasizing that it was a living example of the impermanence of all things and reminded people to endeavour to find a true refuge within themselves. The legacy of Venerable Ajahn Chah’s teachings and legacy continues into the modern age.
    Thank you Rinpoche for this great sharing.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/great-lamas-masters/venerable-ajahn-chah-the-forest-monk.html
  • Samfoonheei
    Friday, Mar 15. 2024 07:30 PM
    Wonderful blog written on the practice of Kalarupa for us to understand better. As an emanation of Manjushri, Kalarupa’s practice helps us to destroy ignorance and to develop wisdom overcoming our anger and suffering . Awesome Kalarupa manifested in multiple forms to help sentient beings who personifies enlightenment by the conquest of anger. Kalarupa also regard as one of the three main Dharma protectors of the Gelugpa is extremely fierce and ugly, and tames all kinds of spiritual ugliness. The fierceness of his iconography teaches us to remind ourselves that all the causes and effects of anger arising from ignorance are dreadful and distorted.
    Thank you Rinpoche and Pastor Antionette for this detailed sharing,

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/buddhas-dharma/kalarupa.html
  • Samfoonheei
    Friday, Mar 15. 2024 07:27 PM
    Nepal is a very spiritual country, having a huge Dorje Shugden mural in Kathmandu, is indeed a big achievement for Kechara. Located on Charkhal Road in Dilli Bazaar, the mural can be found midway between our two Dorje Shugden chapels which are in Putalisadak and Chabahil. It is also very close to one of Kathmandu’s largest shopping malls. Many locals , tourist will be able to connect them to a powerful deity that is so closely associated with their culture. Well the mural not only beautiful but also full of symbolism and everyone merely by seeing it is blessed. Thanks to those talented artists and generous sponsors making it a success.
    Thank you Rinpoche for this sharing.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/travel/spectacular-dorje-shugden-mural-in-kathmandu-nepal.html
  • Samfoonheei
    Friday, Mar 15. 2024 07:24 PM
    All the art of living lies in a fine mingling of letting go and holding on. Letting go helps us to live in a more peaceful state of mind and helps restore our balance. A reminder for us all to go of attachment and meditating on impermanence and emptiness. We are to relinquish the domination of our ego and its habits to transform ourselves. A great reminder not to waste our previous life.
    Quoted Ceasing to do evil, Cultivating the good, Purifying the heart .
    Thank you Rinpoche for sharing such a meaningful teachings with folded hands.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/buddhas-dharma/pointing-the-staff-at-the-old-man.html
  • james belich
    Friday, Mar 8. 2024 09:43 PM
    Winning the lottery was part of my dreams, I tried so hard to win big but all to no avail, until I came across Dr Lucas online who made my dreams come through and made me win 10 million dollars. I was a logistics manager who lives in Lancaster, S.C. and works about an hour’s drive away, in Charlotte, N.C., I stopped at a store to buy a scratch-off lottery ticket during my lunch break, because Dr Lucas gave me all the assurance that the numbers are not going to fail after I did all he asked me to do. Dr lucas is a powerful Dr that is on a mission to eradicate poverty from people’s lives and i have confirmed that by winning $10 million with the numbers he provided for me, it is my promise to tell the world about my experience with Dr Lucas and that’s what I’m doing now, you can win the lottery fast with the help of Dr Lucas he is tested and trusted Email: Drlucasspelltemple@gmail. com or WhatsApp +234 904 794 3567 he will help you.
  • james belich
    Friday, Mar 8. 2024 09:42 PM
    Winning the lottery was part of my dreams, I tried so hard to win big but all to no avail, until I came across Dr Lucas online who made my dreams come through and made me win 10 million dollars. I was a logistics manager who lives in Lancaster, S.C. and works about an hour’s drive away, in Charlotte, N.C., I stopped at a store to buy a scratch-off lottery ticket during my lunch break, because Dr Lucas gave me all the assurance that the numbers are not going to fail after I did all he asked me to do. Dr lucas is a powerful Dr that is on a mission to eradicate poverty from people’s lives and i have confirmed that by winning $10 million with the numbers he provided for me, it is my promise to tell the world about my experience with Dr Lucas and that’s what I’m doing now, you can win the lottery fast with the help of Dr Lucas he is tested and trusted Email: Drlucasspelltemple@gmail.com or WhatsApp +234 904 794 3567 he will help you.
  • lee
    Thursday, Mar 7. 2024 07:06 PM
    We are members of the Buddhist Temple in Taman Desa Jaya, Kepong, Kuala Lumpur and we have been issued membership by the president (DATUK YIP KUM FOOK), we are very sad because we are the foundation of this Temple

    Now we can know who is always messing with people, and he always cheats money and women, he even uses Buddhism to find money.

    Also, need to be careful with his brother-in-law (Simon Low Kok Meng) because he is a spy (CID) for DATUK YIP KUM FOOK and we will write some letters to AGONG SULTAN IBRAHIM IBN ALMARHUM SULTAN ISKANDAR as soon as possible.

    From Jesmond Yap, Kepong Baru…Kuala Lumpur
  • Phoenix the Shaman Elder
    Thursday, Mar 7. 2024 01:40 AM
    The matriarchal cultures of the grandmothers have specific symbolism of animism shamanism, such as the horse, especially the blue horse, and the deer. These are two main symbols of a shaman woman and you can find them in many cultural folk lore, especially the Russian, Slavic, Siberian, Nordic, Finland, and Norway. It’s nice to see the Matriarchal Shaman Animism diety represented in Chinese.
  • Samfoonheei
    Monday, Mar 4. 2024 06:59 PM
    An inspiring act of a selfless Lama feeding strays whether its night or day. Truly an example for us all to feed those lonely strays . Yes I do agree compassion starts with feeding strays. Reading this blog again to refresh myself to do more. Strays animals generally lead a life of poor welfare on the street. Feeding strays is a compassionate act.
    Thank you Rinpoche and Anila for this sharing.


    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/one-minute-story/rinpoche-through-my-eyes-compassion-starts-with-feeding-strays
  • Samfoonheei
    Monday, Mar 4. 2024 06:56 PM
    nteresting revisit this blog again as truly inspiring reading over and over again . There’s so many inspiring nuns and female practitioner coming from different back ground, leading a more spiritual life. They are practitioners dedicated their life to religious observance and their path is illuminated by the light of compassion. Going against all odds to become one. Their devotion radiates like a thousand stars in the night sky. Here at Kechara Forest Retreat, Bentong Pahang we too have inspiring practitioners .
    Thank you Rinpoche for this great sharing.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/buddhas-dharma/inspiring-nuns-and-female-practitioners.html
  • Samfoonheei
    Monday, Mar 4. 2024 06:55 PM
    H E Tsem Rinpoche’s Sungbum project aim to preserve the teachings and practices that have been passed from teacher to disciple in an unbroken line beginning with Lama Tsongkhapa himself . History has taught us the importance of preserving Buddha’s stainless teachings. Its important to preserve and safeguard the Buddhist tradition for future generations.
    Tsem Rinpoche is a clear and effective teacher where his stories and teachings are endlessly entertaining and inspiring. The preservation is very much needed. We are so fortunate given a chance to be involved in such a meritorious project .
    Thank you.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/current-affairs/the-tsem-rinpoche-sungbum-project.html
  • Samfoonheei
    Monday, Mar 4. 2024 06:55 PM
    Demons are disembodied spirits, supernatural being or spirit and unseen beings. We know they do exist and I believe they do. They have no physical form to them whatsoever. Demons do definitely exist. They are intelligent beings who are evil malicious spirits and are all dangerous entities. Valak is not to be summoned capriciously by anyone as they are dangerous beings when we invoke them having to face a heavy consequence. There are spiritual practices that we can ask for help a ritual of the wrathful Manjushri in the form of Trakze. Having a doing the practice daily without fail, consistently, as this Trakze practice has been proven to be efficacious to break the hold the Valak and other spirits. All thanks to our Guru bringing this practice to Kechara Forest Retreat, Bentong Malaysia.
    Thank you Rinpoche for this wonderful sharing for us to understand better.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/science-mysteries/valak-the-conjuring-2-demon.html
  • Samfoonheei
    Monday, Mar 4. 2024 06:53 PM
    Wow ,reading all these powerful quotes had me realised much better of giving even I have little. May H E Tsem Rinpoche’s sincere advice to reach the far shore of liberation to everyone reading this blog. The most truly generous people are those who give silently without asking any in return. There is no exercise better than reaching and lifting people up. A kind gesture can reach a wound that only compassion can heal. Well creating and lighting for others we naturally light our own way. Helping others especially those unfortunate ones, make us feel more positive about our own circumstances.
    Thank you Rinpoche for sharing all these powerful quotes.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/inspiration-worthy-words/the-power-of-giving-18-quotes-from-tsem-rinpoche.html
  • Aarati Bhatt
    Wednesday, Feb 28. 2024 12:47 AM
    I have tried mine and my friend’s horoscope and it results same in both of our case, and not just that I have tried this on various friends and this horoscope is showing same for maximum date of birth, I think this is a bug.
  • Samfoonheei
    Thursday, Jan 4. 2024 04:11 PM
    Lama Tsongkhapa was an influential Tibetan Buddhist monk, philosopher and tantric yogi, whose activities led to the formation of the Gelug school of Tibetan Buddhism . Lama Tsongkhapa was hailed as the second Buddha by contemporary Buddhist masters of his time. Famous for reviving Buddhism in Tibet and revered for elevating the Dharma to all its present glory. Hence having a 12 ft Lama Tsongkhapa Statue at new Kechara Gompa (Prayer Hall) is indeed a blessing. Its truly beautiful. Merely by looking at it is a blessing .
    Thank you Rinpoche and team effort making it possible.

    https://www.tsemrinpoche.com/tsem-tulku-rinpoche/kechara-13-depts/10-ft-tsongkapa-here.html

1 · 2 · 3 · 4 · 5 · »

Messages from Rinpoche

Scroll down within the box to view more messages from Rinpoche. Click on the images to enlarge. Click on 'older messages' to view archived messages. Use 'prev' and 'next' links to navigate between pages

Use this URL to link to this section directly: https://www.tsemrinpoche.com/#messages-from-rinpoche

Previous Live Videos

MORE VIDEOS

Shugdenpas Speaking Up Across The Globe

From Europe Shugden Association:


MORE VIDEOS

From Tibetan Public Talk:


MORE VIDEOS

CREDITS

Concept: Tsem Rinpoche
Technical: Lew Kwan Leng, Justin Ripley, Yong Swee Keong
Design: Justin Ripley, Cynthia Lee
Content: Tsem Rinpoche, Justin Ripley, Pastor Shin Tan, Sarah Yap
Admin: Pastor Loh Seng Piow, Beng Kooi

I must thank my dharma blog team who are great assets to me, Kechara and growth of dharma in this wonderful region. I am honoured and thrilled to work with them. I really am. Maybe I don't say it enough to them, but I am saying it now. I APPRECIATE THESE GUYS VERY MUCH!

Tsem Rinpoche

Total views today
2,836
Total views up to date
26,041,536
Facebook Fans Youtube Views Blog Views
Animal Care Fund
  Bigfoot, Yeti, Sasquatch

The Unknown

The Known and unknown are both feared,
Known is being comfortable and stagnant,
The unknown may be growth and opportunities,
One shall never know if one fears the unknown more than the known.
Who says the unknown would be worse than the known?
But then again, the unknown is sometimes worse than the known. In the end nothing is known unless we endeavour,
So go pursue all the way with the unknown,
because all unknown with familiarity becomes the known.
~Tsem Rinpoche

Photos On The Go

Click on the images to view the bigger version. And scroll down and click on "View All Photos" to view more images.
According to legend, Shambhala is a place where wisdom and love reign, and there is no crime. Doesn\'t this sound like the kind of place all of us would love to live in? https://www.tsemrinpoche.com/?p=204874
4 years ago
According to legend, Shambhala is a place where wisdom and love reign, and there is no crime. Doesn't this sound like the kind of place all of us would love to live in? https://www.tsemrinpoche.com/?p=204874
108 candles and sang (incense) offered at our Wish-Fulfilling Grotto, invoking Dorje Shugden\'s blessings for friends, sponsors and supporters, wonderful!
4 years ago
108 candles and sang (incense) offered at our Wish-Fulfilling Grotto, invoking Dorje Shugden's blessings for friends, sponsors and supporters, wonderful!
Dharmapalas are not exclusive to Tibetan culture and their practice is widespread throughout the Buddhist world - https://www.tsemrinpoche.com/?p=193645
4 years ago
Dharmapalas are not exclusive to Tibetan culture and their practice is widespread throughout the Buddhist world - https://www.tsemrinpoche.com/?p=193645
One of our adorable Kechara Forest Retreat\'s doggies, Tara, happy and safe, and enjoying herself in front of Wisdom Hall which has been decorated for Chinese New Year
4 years ago
One of our adorable Kechara Forest Retreat's doggies, Tara, happy and safe, and enjoying herself in front of Wisdom Hall which has been decorated for Chinese New Year
Fragrant organic Thai basil harvested from our very own Kechara Forest Retreat farm!
4 years ago
Fragrant organic Thai basil harvested from our very own Kechara Forest Retreat farm!
On behalf of our Puja House team, Pastor Tat Ming receives food and drinks from Rinpoche. Rinpoche wanted to make sure the hardworking Puja House team are always taken care of.
4 years ago
On behalf of our Puja House team, Pastor Tat Ming receives food and drinks from Rinpoche. Rinpoche wanted to make sure the hardworking Puja House team are always taken care of.
By the time I heard about Luang Phor Thong, he was already very old, in his late 80s. When I heard about him, I immediately wanted to go and pay my respects to him. - http://bit.ly/LuangPhorThong
4 years ago
By the time I heard about Luang Phor Thong, he was already very old, in his late 80s. When I heard about him, I immediately wanted to go and pay my respects to him. - http://bit.ly/LuangPhorThong
It\'s very nice to see volunteers helping maintain holy sites in Kechara Forest Retreat, it\'s very good for them. Cleaning Buddha statues is a very powerful and effective way of purifying body karma.
4 years ago
It's very nice to see volunteers helping maintain holy sites in Kechara Forest Retreat, it's very good for them. Cleaning Buddha statues is a very powerful and effective way of purifying body karma.
Kechara Forest Retreat is preparing for the upcoming Chinese New Year celebrations. This is our holy Vajra Yogini stupa which is now surrounded by beautiful lanterns organised by our students.
4 years ago
Kechara Forest Retreat is preparing for the upcoming Chinese New Year celebrations. This is our holy Vajra Yogini stupa which is now surrounded by beautiful lanterns organised by our students.
One of the most recent harvests from our Kechara Forest Retreat land. It was grown free of chemicals and pesticides, wonderful!
4 years ago
One of the most recent harvests from our Kechara Forest Retreat land. It was grown free of chemicals and pesticides, wonderful!
Third picture-Standing Manjushri Statue at Chowar, Kirtipur, Nepal.
Height: 33ft (10m)
5 years ago
Third picture-Standing Manjushri Statue at Chowar, Kirtipur, Nepal. Height: 33ft (10m)
Second picture-Standing Manjushri Statue at Chowar, Kirtipur, Nepal.
Height: 33ft (10m)
5 years ago
Second picture-Standing Manjushri Statue at Chowar, Kirtipur, Nepal. Height: 33ft (10m)
First picture-Standing Manjushri Statue at Chowar, Kirtipur, Nepal.
Height: 33ft (10m)
5 years ago
First picture-Standing Manjushri Statue at Chowar, Kirtipur, Nepal. Height: 33ft (10m)
The first title published by Kechara Comics is Karuna Finds A Way. It tells the tale of high-school sweethearts Karuna and Adam who had what some would call the dream life. Everything was going great for them until one day when reality came knocking on their door. Caught in a surprise swindle, this loving family who never harmed anyone found themselves out of luck and down on their fortune. Determined to save her family, Karuna goes all out to find a solution. See what she does- https://bit.ly/2LSKuWo
5 years ago
The first title published by Kechara Comics is Karuna Finds A Way. It tells the tale of high-school sweethearts Karuna and Adam who had what some would call the dream life. Everything was going great for them until one day when reality came knocking on their door. Caught in a surprise swindle, this loving family who never harmed anyone found themselves out of luck and down on their fortune. Determined to save her family, Karuna goes all out to find a solution. See what she does- https://bit.ly/2LSKuWo
Very powerful story! Tibetan Resistance group Chushi Gangdruk reveals how Dalai Lama escaped in 1959- https://bit.ly/2S9VMGX
5 years ago
Very powerful story! Tibetan Resistance group Chushi Gangdruk reveals how Dalai Lama escaped in 1959- https://bit.ly/2S9VMGX
At Kechara Forest Retreat land we have nice fresh spinach growing free of chemicals and pesticides. Yes!
5 years ago
At Kechara Forest Retreat land we have nice fresh spinach growing free of chemicals and pesticides. Yes!
See beautiful pictures of Manjushri Guest House here- https://bit.ly/2WGo0ti
5 years ago
See beautiful pictures of Manjushri Guest House here- https://bit.ly/2WGo0ti
Beginner’s Introduction to Dorje Shugden~Very good overview https://bit.ly/2QQNfYv
5 years ago
Beginner’s Introduction to Dorje Shugden~Very good overview https://bit.ly/2QQNfYv
Fresh eggplants grown on Kechara Forest Retreat\'s land here in Malaysia
5 years ago
Fresh eggplants grown on Kechara Forest Retreat's land here in Malaysia
Most Venerable Uppalavanna – The Chief Female Disciple of Buddha Shakyamuni - She exhibited many supernatural abilities gained from meditation and proved to the world females and males are equal in spirituality- https://bit.ly/31d9Rat
5 years ago
Most Venerable Uppalavanna – The Chief Female Disciple of Buddha Shakyamuni - She exhibited many supernatural abilities gained from meditation and proved to the world females and males are equal in spirituality- https://bit.ly/31d9Rat
Thailand’s ‘Renegade’ Yet Powerful Buddhist Nuns~ https://bit.ly/2Z1C02m
5 years ago
Thailand’s ‘Renegade’ Yet Powerful Buddhist Nuns~ https://bit.ly/2Z1C02m
Mahapajapati Gotami – the first Buddhist nun ordained by Lord Buddha- https://bit.ly/2IjD8ru
5 years ago
Mahapajapati Gotami – the first Buddhist nun ordained by Lord Buddha- https://bit.ly/2IjD8ru
The Largest Buddha Shakyamuni in Russia | 俄罗斯最大的释迦牟尼佛画像- https://bit.ly/2Wpclni
5 years ago
The Largest Buddha Shakyamuni in Russia | 俄罗斯最大的释迦牟尼佛画像- https://bit.ly/2Wpclni
Sacred Vajra Yogini
5 years ago
Sacred Vajra Yogini
Dorje Shugden works & archives - a labour of commitment - https://bit.ly/30Tp2p8
5 years ago
Dorje Shugden works & archives - a labour of commitment - https://bit.ly/30Tp2p8
Mahapajapati Gotami, who was the first nun ordained by Lord Buddha.
5 years ago
Mahapajapati Gotami, who was the first nun ordained by Lord Buddha.
Mahapajapati Gotami, who was the first nun ordained by Lord Buddha. She was his step-mother and aunt. Buddha\'s mother had passed away at his birth so he was raised by Gotami.
5 years ago
Mahapajapati Gotami, who was the first nun ordained by Lord Buddha. She was his step-mother and aunt. Buddha's mother had passed away at his birth so he was raised by Gotami.
Another nun disciple of Lord Buddha\'s. She had achieved great spiritual abilities and high attainments. She would be a proper object of refuge. This image of the eminent bhikkhuni (nun) disciple of the Buddha, Uppalavanna Theri.
5 years ago
Another nun disciple of Lord Buddha's. She had achieved great spiritual abilities and high attainments. She would be a proper object of refuge. This image of the eminent bhikkhuni (nun) disciple of the Buddha, Uppalavanna Theri.
Wandering Ascetic Painting by Nirdesha Munasinghe
5 years ago
Wandering Ascetic Painting by Nirdesha Munasinghe
High Sri Lankan monks visit Kechara to bless our land, temple, Buddha and Dorje Shugden images. They were very kind-see pictures- https://bit.ly/2HQie2M
5 years ago
High Sri Lankan monks visit Kechara to bless our land, temple, Buddha and Dorje Shugden images. They were very kind-see pictures- https://bit.ly/2HQie2M
This is pretty amazing!

First Sri Lankan Buddhist temple opened in Dubai!!!
5 years ago
This is pretty amazing! First Sri Lankan Buddhist temple opened in Dubai!!!
My Dharma boy (left) and Oser girl loves to laze around on the veranda in the mornings. They enjoy all the trees, grass and relaxing under the hot sun. Sunbathing is a favorite daily activity. I care about these two doggies of mine very much and I enjoy seeing them happy. They are with me always. Tsem Rinpoche

Always be kind to animals and eat vegetarian- https://bit.ly/2Psp8h2
5 years ago
My Dharma boy (left) and Oser girl loves to laze around on the veranda in the mornings. They enjoy all the trees, grass and relaxing under the hot sun. Sunbathing is a favorite daily activity. I care about these two doggies of mine very much and I enjoy seeing them happy. They are with me always. Tsem Rinpoche Always be kind to animals and eat vegetarian- https://bit.ly/2Psp8h2
After you left me Mumu, I was alone. I have no family or kin. You were my family. I can\'t stop thinking of you and I can\'t forget you. My bond and connection with you is so strong. I wish you were by my side. Tsem Rinpoche
5 years ago
After you left me Mumu, I was alone. I have no family or kin. You were my family. I can't stop thinking of you and I can't forget you. My bond and connection with you is so strong. I wish you were by my side. Tsem Rinpoche
This story is a life-changer. Learn about the incredible Forest Man of India | 印度“森林之子”- https://bit.ly/2Eh4vRS
5 years ago
This story is a life-changer. Learn about the incredible Forest Man of India | 印度“森林之子”- https://bit.ly/2Eh4vRS
Part 2-Beautiful billboard in Malaysia of a powerful Tibetan hero whose life serves as a great inspiration- https://bit.ly/2UltNE4
5 years ago
Part 2-Beautiful billboard in Malaysia of a powerful Tibetan hero whose life serves as a great inspiration- https://bit.ly/2UltNE4
Part 1-Beautiful billboard in Malaysia of a powerful Tibetan hero whose life serves as a great inspiration- https://bit.ly/2UltNE4
5 years ago
Part 1-Beautiful billboard in Malaysia of a powerful Tibetan hero whose life serves as a great inspiration- https://bit.ly/2UltNE4
The great Protector Manjushri Dorje Shugden depicted in the beautiful Mongolian style. To download a high resolution file: https://bit.ly/2Nt3FHz
5 years ago
The great Protector Manjushri Dorje Shugden depicted in the beautiful Mongolian style. To download a high resolution file: https://bit.ly/2Nt3FHz
The Mystical land of Shambhala is finally ready for everyone to feast their eyes and be blessed. A beautiful post with information, art work, history, spirituality and a beautiful book composed by His Holiness the 6th Panchen Rinpoche. ~ https://bit.ly/309MHBi
5 years ago
The Mystical land of Shambhala is finally ready for everyone to feast their eyes and be blessed. A beautiful post with information, art work, history, spirituality and a beautiful book composed by His Holiness the 6th Panchen Rinpoche. ~ https://bit.ly/309MHBi
Beautiful pictures of the huge Buddha in Longkou Nanshan- https://bit.ly/2LsBxVb
5 years ago
Beautiful pictures of the huge Buddha in Longkou Nanshan- https://bit.ly/2LsBxVb
The reason-Very interesting thought- https://bit.ly/2V7VT5r
5 years ago
The reason-Very interesting thought- https://bit.ly/2V7VT5r
NEW Bigfoot cafe in Malaysia! Food is delicious!- https://bit.ly/2VxdGau
5 years ago
NEW Bigfoot cafe in Malaysia! Food is delicious!- https://bit.ly/2VxdGau
DON\'T MISS THIS!~How brave Bonnie survived by living with a herd of deer~ https://bit.ly/2Lre2eY
5 years ago
DON'T MISS THIS!~How brave Bonnie survived by living with a herd of deer~ https://bit.ly/2Lre2eY
Global Superpower China Will Cut Meat Consumption by 50%! Very interesting, find out more- https://bit.ly/2V1sJFh
5 years ago
Global Superpower China Will Cut Meat Consumption by 50%! Very interesting, find out more- https://bit.ly/2V1sJFh
You can download this beautiful Egyptian style Dorje Shugden Free- https://bit.ly/2Nt3FHz
5 years ago
You can download this beautiful Egyptian style Dorje Shugden Free- https://bit.ly/2Nt3FHz
Beautiful high file for print of Lord Manjushri. May you be blessed- https://bit.ly/2V8mwZe
5 years ago
Beautiful high file for print of Lord Manjushri. May you be blessed- https://bit.ly/2V8mwZe
Mongolian (Oymiakon) Shaman in Siberia, Russia. That is his real outfit he wears. Very unique. TR
5 years ago
Mongolian (Oymiakon) Shaman in Siberia, Russia. That is his real outfit he wears. Very unique. TR
Find one of the most beautiful temples in the world in Nara, Japan. It is the 1,267 year old Todai-ji temple that houses a 15 meter Buddha Vairocana statue who is a cosmic and timeless Buddha. Emperor Shomu who sponsored this beautiful temple eventually abdicated and ordained as a Buddhist monk. Very interesting history and story. One of the places everyone should visit- https://bit.ly/2VgsHhK
5 years ago
Find one of the most beautiful temples in the world in Nara, Japan. It is the 1,267 year old Todai-ji temple that houses a 15 meter Buddha Vairocana statue who is a cosmic and timeless Buddha. Emperor Shomu who sponsored this beautiful temple eventually abdicated and ordained as a Buddhist monk. Very interesting history and story. One of the places everyone should visit- https://bit.ly/2VgsHhK
Manjusri Kumara (bodhisattva of wisdom), India, Pala dynesty, 9th century, stone, Honolulu Academy of Arts
5 years ago
Manjusri Kumara (bodhisattva of wisdom), India, Pala dynesty, 9th century, stone, Honolulu Academy of Arts
Click on "View All Photos" above to view more images

Videos On The Go

Please click on the images to watch video
  • Pig puts his toys away
    4 years ago
    Pig puts his toys away
    Animals are so intelligent. They can feel happiness, joy, pain, sorrow, just like humans. Always show kindness to them. Always show kindness to everyone.
  • Always be kind to animals-They deserve to live just like us.
    5 years ago
    Always be kind to animals-They deserve to live just like us.
    Whales and dolphins playing with each other in the Pacific sea. Nature is truly incredible!
  • Bodha stupa July 2019-
    5 years ago
    Bodha stupa July 2019-
    Rainy period
  • Cute Tara girl having a snack. She is one of Kechara Forest Retreat’s resident doggies.
    5 years ago
    Cute Tara girl having a snack. She is one of Kechara Forest Retreat’s resident doggies.
  • Your Next Meal!
    5 years ago
    Your Next Meal!
    Yummy? Tasty? Behind the scenes of the meat on your plates. Meat is a killing industry.
  • This is Daw
    5 years ago
    This is Daw
    This is what they do to get meat on tables, and to produce belts and jackets. Think twice before your next purchase.
  • Don’t Take My Mummy Away!
    5 years ago
    Don’t Take My Mummy Away!
    Look at the poor baby chasing after the mother. Why do we do that to them? It's time to seriously think about our choices in life and how they affect others. Be kind. Don't break up families.
  • They do this every day!
    5 years ago
    They do this every day!
    This is how they are being treated every day of their lives. Please do something to stop the brutality. Listen to their cries for help!
  • What happened at Fair Oaks Farm?
    5 years ago
    What happened at Fair Oaks Farm?
    The largest undercover dairy investigation of all time. See what they found out at Fair Oaks Farm.
  • She’s going to spend her whole life here without being able to move correctly. Like a machine. They are the slaves of the people and are viewed as a product. It’s immoral. Billions of terrestrial animals die annually. Billions. You can’t even imagine it. And all that because people don’t want to give up meat, even though there are so many alternatives. ~ Gabriel Azimov
    5 years ago
    She’s going to spend her whole life here without being able to move correctly. Like a machine. They are the slaves of the people and are viewed as a product. It’s immoral. Billions of terrestrial animals die annually. Billions. You can’t even imagine it. And all that because people don’t want to give up meat, even though there are so many alternatives. ~ Gabriel Azimov
  • Our Malaysian Prime Minister Dr. Mahathir speaks so well, logically and regarding our country’s collaboration with China for growth. It is refreshing to listen to Dr. Mahathir’s thoughts. He said our country can look to China for many more things such as technology and so on. Tsem Rinpoche
    5 years ago
    Our Malaysian Prime Minister Dr. Mahathir speaks so well, logically and regarding our country’s collaboration with China for growth. It is refreshing to listen to Dr. Mahathir’s thoughts. He said our country can look to China for many more things such as technology and so on. Tsem Rinpoche
  • This is the first time His Holiness Dalai Lama mentions he had some very serious illness. Very worrying. This video is captured April 2019.
    5 years ago
    This is the first time His Holiness Dalai Lama mentions he had some very serious illness. Very worrying. This video is captured April 2019.
  • Beautiful Monastery in Hong Kong
    5 years ago
    Beautiful Monastery in Hong Kong
  • This dog thanks his hero in such a touching way. Tsem Rinpoche
    5 years ago
    This dog thanks his hero in such a touching way. Tsem Rinpoche
  • Join Tsem Rinpoche in prayer for H.H. Dalai Lama’s long life~ https://www.youtube.com/watch?v=gYy7JcveikU&feature=youtu.be
    5 years ago
    Join Tsem Rinpoche in prayer for H.H. Dalai Lama’s long life~ https://www.youtube.com/watch?v=gYy7JcveikU&feature=youtu.be
  • These people going on pilgrimage to a holy mountain and prostrating out of devotion and for pilgrimage in Tibet. Such determination for spiritual practice. Tsem Rinpoche
    5 years ago
    These people going on pilgrimage to a holy mountain and prostrating out of devotion and for pilgrimage in Tibet. Such determination for spiritual practice. Tsem Rinpoche
  • Beautiful new casing in Kechara for Vajra Yogini. Tsem Rinpoche
    5 years ago
    Beautiful new casing in Kechara for Vajra Yogini. Tsem Rinpoche
  • Get ready to laugh real hard. This is Kechara’s version of “Whatever Happened to Baby Jane!” We have some real talents in this video clip.
    5 years ago
    Get ready to laugh real hard. This is Kechara’s version of “Whatever Happened to Baby Jane!” We have some real talents in this video clip.
  • Recitation of Dorje Dermo‘s mantra or the Dharani of Glorious Vajra Claws. This powerful mantra is meant to destroy all obstacles that come in our way. Beneficial to play this mantra in our environments.
    5 years ago
    Recitation of Dorje Dermo‘s mantra or the Dharani of Glorious Vajra Claws. This powerful mantra is meant to destroy all obstacles that come in our way. Beneficial to play this mantra in our environments.
  • Beautiful
    5 years ago
    Beautiful
    Beautiful sacred Severed Head Vajra Yogini from Tsem Rinpoche's personal shrine.
  • My little monster cute babies Dharma and Oser. Take a look and get a cute attack for the day! Tsem Rinpoche
    5 years ago
    My little monster cute babies Dharma and Oser. Take a look and get a cute attack for the day! Tsem Rinpoche
  • Plse watch this short video and see how all sentient beings are capable of tenderness and love. We should never hurt animals nor should we eat them. Tsem Rinpoche
    5 years ago
    Plse watch this short video and see how all sentient beings are capable of tenderness and love. We should never hurt animals nor should we eat them. Tsem Rinpoche
  • Cruelty of some people have no limits and it’s heartbreaking. Being kind cost nothing. Tsem Rinpoche
    5 years ago
    Cruelty of some people have no limits and it’s heartbreaking. Being kind cost nothing. Tsem Rinpoche
  • SUPER ADORABLE and must see
    5 years ago
    SUPER ADORABLE and must see
    Tsem Rinpoche's dog Oser girl enjoying her snack in her play pen.
  • Cute!
    5 years ago
    Cute!
    Oser girl loves the balcony so much. - https://www.youtube.com/watch?v=RTcoWpKJm2c
  • Uncle Wong
    5 years ago
    Uncle Wong
    We were told by Uncle Wong he is very faithful toward Dorje Shugden. Dorje Shugden has extended help to him on several occasions and now Uncle Wong comes daily to make incense offerings to Dorje Shugden. He is grateful towards the help he was given.
  • Tsem Rinpoche’s Schnauzer Dharma boy fights Robot sphere from Arkonide!
    5 years ago
    Tsem Rinpoche’s Schnauzer Dharma boy fights Robot sphere from Arkonide!
  • Cute baby owl found and rescued
    5 years ago
    Cute baby owl found and rescued
    We rescued a lost baby owl in Kechara Forest Retreat.
  • Nice cups from Kechara!!
    5 years ago
    Nice cups from Kechara!!
    Dorje Shugden people's lives matter!
  • Enjoy a peaceful morning at Kechara Forest Retreat
    5 years ago
    Enjoy a peaceful morning at Kechara Forest Retreat
    Chirping birds and other forest animals create a joyful melody at the Vajrayogini stupa in Kechara Forest Retreat (Bentong, Malaysia).
  • This topic is so hot in many circles right now.
    6 years ago
    This topic is so hot in many circles right now.
    This video is thought-provoking and very interesting. Watch! Thanks so much to our friends at LIVEKINDLY.
  • Chiropractic CHANGES LIFE for teenager with acute PAIN & DEAD LEG.
    6 years ago
    Chiropractic CHANGES LIFE for teenager with acute PAIN & DEAD LEG.
  • BEAUTIFUL PLACE IN NEW YORK STATE-AMAZING.
    6 years ago
    BEAUTIFUL PLACE IN NEW YORK STATE-AMAZING.
  • Leonardo DiCaprio takes on the meat Industry with real action.
    6 years ago
    Leonardo DiCaprio takes on the meat Industry with real action.
  • Do psychic mediums have messages from beyond?
    6 years ago
    Do psychic mediums have messages from beyond?
  • Lovely gift for my 52nd Birthday. Tsem Rinpoche
    6 years ago
    Lovely gift for my 52nd Birthday. Tsem Rinpoche
  • This 59-year-old chimpanzee was refusing food and ready to die until...
    6 years ago
    This 59-year-old chimpanzee was refusing food and ready to die until...
    she received “one last visit from an old friend” 💔💔
  • Bigfoot sighted again and made it to the news.
    6 years ago
    Bigfoot sighted again and made it to the news.
  • Casper is such a cute and adorable. I like him.
    6 years ago
    Casper is such a cute and adorable. I like him.
  • Dorje Shugden Monastery Amarbayasgalant  Mongolia's Ancient Hidden Gem
    6 years ago
    Dorje Shugden Monastery Amarbayasgalant Mongolia's Ancient Hidden Gem
  • Don't you love Hamburgers? See how 'delicious' it is here!
    6 years ago
    Don't you love Hamburgers? See how 'delicious' it is here!
  • Such a beautiful and powerful message from a person who knows the meaning of life. Tsem Rinpoche
    6 years ago
    Such a beautiful and powerful message from a person who knows the meaning of life. Tsem Rinpoche
  • What the meat industry figured out is that you don't need healthy animals to make a profit.
    6 years ago
    What the meat industry figured out is that you don't need healthy animals to make a profit.
    Sick animals are more profitable... farms calculate how close to death they can keep animals without killing them. That's the business model. How quickly they can be made to grow, how tightly they can be packed, how much or how little can they eat, how sick they can get without dying... We live in a world in which it's conventional to treat an animal like a block of wood. ~ Jonathan Safran Foer
  • This video went viral and it's a must watch!!
    6 years ago
    This video went viral and it's a must watch!!
  • SEE HOW THIS ANIMAL SERIAL KILLER HAS NO ISSUE BLUDGEONING THIS DEFENSELESS BEING.
    6 years ago
    SEE HOW THIS ANIMAL SERIAL KILLER HAS NO ISSUE BLUDGEONING THIS DEFENSELESS BEING.
    This happens daily in slaughterhouse so you can get your pork and Bak ku teh. Stop eating meat.

ASK A PASTOR


Ask the Pastors

A section for you to clarify your Dharma questions with Kechara’s esteemed pastors.

Just post your name and your question below and one of our pastors will provide you with an answer.

Scroll down and click on "View All Questions" to view archived questions.

View All Questions

CHAT PICTURES

And here's Mr Wong of KSK Ipoh who dropped by to pray and offered some donation to the Chapel. Kechara Penang Study Group. Pic by Siew Hong & uploaded by Jacinta.
2 days ago
And here's Mr Wong of KSK Ipoh who dropped by to pray and offered some donation to the Chapel. Kechara Penang Study Group. Pic by Siew Hong & uploaded by Jacinta.
Today's puja (16/3/2024) ended around 420pm, Jacinta was the umze of the day. Pic by Siew Hong. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
2 days ago
Today's puja (16/3/2024) ended around 420pm, Jacinta was the umze of the day. Pic by Siew Hong. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
Group photo taken after the last session, sealed with King of Prayers. Come and join us next time! Sayonara - 9-10th March 2024 - Kechara Penang DS Retreat by Jacinta.
6 days ago
Group photo taken after the last session, sealed with King of Prayers. Come and join us next time! Sayonara - 9-10th March 2024 - Kechara Penang DS Retreat by Jacinta.
Abundance altar! Fruits, flowers, Mee Koo (traditional Penang buns), Bee Hoon, sourdoughs and snacks are some of the offerings to Rinpoche, Buddhas & Bodhisattvas. Kechara Penang Dorje Shugden Retreat 9-10th March, 2024 by Jacinta.
7 days ago
Abundance altar! Fruits, flowers, Mee Koo (traditional Penang buns), Bee Hoon, sourdoughs and snacks are some of the offerings to Rinpoche, Buddhas & Bodhisattvas. Kechara Penang Dorje Shugden Retreat 9-10th March, 2024 by Jacinta.
Siew Hong, one of retreatants and an active member of Kechara Penang group proudly presented her torma to be used during the Kalarupa puja. Kechara Penang Study Group by Jacinta
7 days ago
Siew Hong, one of retreatants and an active member of Kechara Penang group proudly presented her torma to be used during the Kalarupa puja. Kechara Penang Study Group by Jacinta
Torma making was taught by Pastor Seng Piow and held one day before the retreat. Kechara Penang Study Group by Jacinta
7 days ago
Torma making was taught by Pastor Seng Piow and held one day before the retreat. Kechara Penang Study Group by Jacinta
Penang Dorje Shugden Retreat cum Puja, 9-10th March 2024 led by Pastor Seng Piow with 12 retreatants. Uploaded by Jacinta
7 days ago
Penang Dorje Shugden Retreat cum Puja, 9-10th March 2024 led by Pastor Seng Piow with 12 retreatants. Uploaded by Jacinta
The celebration ended with a Dorje Shugden puja, dedicated to all the sponsors, our loved ones and as well as for the happiness & good health for all sentient beings. May Rinpoche return swiftly too and taking this opportunity wishing all Happy Chinese New Year and Gong Xi Fa Cai from all of us, Kechara Penang Study Group. Uploaded by Jacinta.
1 month ago
The celebration ended with a Dorje Shugden puja, dedicated to all the sponsors, our loved ones and as well as for the happiness & good health for all sentient beings. May Rinpoche return swiftly too and taking this opportunity wishing all Happy Chinese New Year and Gong Xi Fa Cai from all of us, Kechara Penang Study Group. Uploaded by Jacinta.
Seen here, Pastor Seng Piow set off firecrackers - welcoming of the upcoming year with enthusiasm and positive energy. Kechara Penang Study Group by Jacinta
1 month ago
Seen here, Pastor Seng Piow set off firecrackers - welcoming of the upcoming year with enthusiasm and positive energy. Kechara Penang Study Group by Jacinta
In this pic, Pastor Seng Piow is sharing Dharma with newbies ~ Sharyn's friends. It's always good to make light offerings at the beginning of new year. By making light offerings, you are able to dispel the darkness of ignorance and achieve wisdom. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
1 month ago
In this pic, Pastor Seng Piow is sharing Dharma with newbies ~ Sharyn's friends. It's always good to make light offerings at the beginning of new year. By making light offerings, you are able to dispel the darkness of ignorance and achieve wisdom. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
One the day of Losar (new lunar year), it is always beneficial for Buddhist practitioners to get together in making abundant offerings to Buddhas on the altar to usher in goodness, prosperity and well-being of our loved ones. It's more auspicious this year as Losar and the Chinese New Year begin on the same date, 10th Feb, 2024. Back in Penang, our Kechara members came together to decorate the altar with abundance offerings for Dorje Shugden puja @3pm. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
1 month ago
One the day of Losar (new lunar year), it is always beneficial for Buddhist practitioners to get together in making abundant offerings to Buddhas on the altar to usher in goodness, prosperity and well-being of our loved ones. It's more auspicious this year as Losar and the Chinese New Year begin on the same date, 10th Feb, 2024. Back in Penang, our Kechara members came together to decorate the altar with abundance offerings for Dorje Shugden puja @3pm. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
Mr. Dared Lim was offering water bowls on behalf of Kechara Ipoh Study Group. (Kin Hoe)
1 month ago
Mr. Dared Lim was offering water bowls on behalf of Kechara Ipoh Study Group. (Kin Hoe)
Jun from Ipoh was offering mandarin oranges to Mother Tara and The Three Jewels. (Kin Hoe)
1 month ago
Jun from Ipoh was offering mandarin oranges to Mother Tara and The Three Jewels. (Kin Hoe)
Prior to our puja in Ipoh, Mr. & Mrs. Cheah Fook Wan were preparing for the offerings to the Buddhas. (Kin Hoe)
1 month ago
Prior to our puja in Ipoh, Mr. & Mrs. Cheah Fook Wan were preparing for the offerings to the Buddhas. (Kin Hoe)
On Sunday afternoon, Kechara Ipoh Study Group has carried out Mother Tara prayer recitations in Ipoh. (Kin Hoe)
1 month ago
On Sunday afternoon, Kechara Ipoh Study Group has carried out Mother Tara prayer recitations in Ipoh. (Kin Hoe)
Some of the best shots taken during Thaipusam in Penang. Swee Bee, Huey, Tang KS, Nathan, Choong SH and Jacinta volunteered. Wai Meng came all the way from KL to help out. Kechara Penang Study Group by Jacinta
2 months ago
Some of the best shots taken during Thaipusam in Penang. Swee Bee, Huey, Tang KS, Nathan, Choong SH and Jacinta volunteered. Wai Meng came all the way from KL to help out. Kechara Penang Study Group by Jacinta
Simple yet powerful ally ~ Bhagawan Dorje Shuden. Kechara Penang Study Group consists of Chien Seong, Hue, Choong SH, Tang KS, Swee Bee and Jacinta. Wai Meng came all the way from KL to help out. Uploaded by Jacinta.
2 months ago
Simple yet powerful ally ~ Bhagawan Dorje Shuden. Kechara Penang Study Group consists of Chien Seong, Hue, Choong SH, Tang KS, Swee Bee and Jacinta. Wai Meng came all the way from KL to help out. Uploaded by Jacinta.
Thaipusam in Penang. Some of the best shots. Kechara Penang Study Group by Jacinta
2 months ago
Thaipusam in Penang. Some of the best shots. Kechara Penang Study Group by Jacinta
Nothing beats having a sacred audience with our lineage lamas. It's not selfie or wefie, but we have the best 'groufie'!!! 20th Jan 2024, Kechara Penang Study Group by Jacinta.
2 months ago
Nothing beats having a sacred audience with our lineage lamas. It's not selfie or wefie, but we have the best 'groufie'!!! 20th Jan 2024, Kechara Penang Study Group by Jacinta.
Welcoming our lineage Gurus to our Penang Chapel today! Pastor Seng Piow explained the significance of having Guru Tree and introduced to us our lineage lamas, Buddhas, deities, protectors and etc.
2 months ago
Welcoming our lineage Gurus to our Penang Chapel today! Pastor Seng Piow explained the significance of having Guru Tree and introduced to us our lineage lamas, Buddhas, deities, protectors and etc.
Umze for the day was Siew Hong. She's just been with us for slightly more than a year now but she's proven her capability in leading the puja. Our Penang group members are so proud of her and her commitment in attending the weekly puja. Despite being eloquence and smart, she has beautiful chant as well. When she leads, make sure you are there to hear her chant for yourself! Kechara Penang Study Group by Jacinta.
2 months ago
Umze for the day was Siew Hong. She's just been with us for slightly more than a year now but she's proven her capability in leading the puja. Our Penang group members are so proud of her and her commitment in attending the weekly puja. Despite being eloquence and smart, she has beautiful chant as well. When she leads, make sure you are there to hear her chant for yourself! Kechara Penang Study Group by Jacinta.
Umze for the day was Siew Hong. She's just been with us for slightly more than a year now but she's proven her capability in leading the puja. Our Penang group members are so proud of her and her commitment in attending the weekly puja. Despite being eloquence and smart, she has beautiful chant as well. When she leads, make sure you are there to hear her chant for yourself! Kechara Penang Study Group by Jacinta.
2 months ago
Umze for the day was Siew Hong. She's just been with us for slightly more than a year now but she's proven her capability in leading the puja. Our Penang group members are so proud of her and her commitment in attending the weekly puja. Despite being eloquence and smart, she has beautiful chant as well. When she leads, make sure you are there to hear her chant for yourself! Kechara Penang Study Group by Jacinta.
Tara Recitation is on now at KISG - Wai Meng
3 months ago
Tara Recitation is on now at KISG - Wai Meng
Photo from Wan Wai Meng
3 months ago
Photo from Wan Wai Meng
A sea of yellow ~usually in Tibetan Buddhism yellow represents growth. We prayed that our Penang group will grow in terms of people, wealth and attainments too. _/\_ Kechara Penang Study Group by Jacinta.
3 months ago
A sea of yellow ~usually in Tibetan Buddhism yellow represents growth. We prayed that our Penang group will grow in terms of people, wealth and attainments too. _/_ Kechara Penang Study Group by Jacinta.
After Dorje Shugden puja @3pm, we had Rinpoche's Swift Return puja too. We laughed as Sis Swee Bee was commenting that Tang should smile ~ here's the reason why we laughed.  Kechara Penang Study Group by Jacinta Goh
3 months ago
After Dorje Shugden puja @3pm, we had Rinpoche's Swift Return puja too. We laughed as Sis Swee Bee was commenting that Tang should smile ~ here's the reason why we laughed. Kechara Penang Study Group by Jacinta Goh
3 months ago
Today's (9/12/2023)Dorje Shugden puja led by Gordon. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
3 months ago
Today's (9/12/2023)Dorje Shugden puja led by Gordon. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
3 months ago
3 months ago
Dharma sharing by Hue before we proceeded with DS puja & Rinpoche Swift Return puja. Hue is one of the long time Kechara Penang members and he comes to puja regularly. He shared that he truly believes that Dorje Shugden and Rinpoche always there guiding him. He shared how sometimes DS will give him hints to avert troubles ahead or to alert him when he 'misbehaved'. Hope many will come to know more about this powerful Dharma Protector, Dorje Shugden aka DS. Having Dorje Shugden is like having a powerful ally that will protect us day and night. Just trust Him and have faith. Kechara Penang Study Group, 25/11/2023 by Jacinta.
4 months ago
Dharma sharing by Hue before we proceeded with DS puja & Rinpoche Swift Return puja. Hue is one of the long time Kechara Penang members and he comes to puja regularly. He shared that he truly believes that Dorje Shugden and Rinpoche always there guiding him. He shared how sometimes DS will give him hints to avert troubles ahead or to alert him when he 'misbehaved'. Hope many will come to know more about this powerful Dharma Protector, Dorje Shugden aka DS. Having Dorje Shugden is like having a powerful ally that will protect us day and night. Just trust Him and have faith. Kechara Penang Study Group, 25/11/2023 by Jacinta.
Kechara Penang Study Group had our weekly DS puja , led by our beloved sis Swee Bee and serkym by Mr. Lee. After that, we completed Swift Return puja also. 18th Nov 2023. By Jacinta
4 months ago
Kechara Penang Study Group had our weekly DS puja , led by our beloved sis Swee Bee and serkym by Mr. Lee. After that, we completed Swift Return puja also. 18th Nov 2023. By Jacinta
#Back2back 11th Nov 2023 Dorje Shugden puja & Rinpoche's Swift Return puja @Penang Chapel, 49 Jalan Seang Tek, Georgetown, Pulau Pinang. Every Saturday @3pm/5pm. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
4 months ago
#Back2back 11th Nov 2023 Dorje Shugden puja & Rinpoche's Swift Return puja @Penang Chapel, 49 Jalan Seang Tek, Georgetown, Pulau Pinang. Every Saturday @3pm/5pm. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
Pic: Rinpoche Swift Return puja ~ 21/10/23 Kechara Penang Study Group by Jacinta.
5 months ago
Pic: Rinpoche Swift Return puja ~ 21/10/23 Kechara Penang Study Group by Jacinta.
#Backtoback A few months back, Kechara Penang Study Group started to have two pujas consecutively on Saturday. Dorje Shugden puja @3pm and thereafter Rinpoche Swift Return puja. This can only be achieved due to the committed members from Penang. A big round of applause...... Pic : DS puja on 21/10/2023 Kechara Penang Study Group by Jacinta
5 months ago
#Backtoback A few months back, Kechara Penang Study Group started to have two pujas consecutively on Saturday. Dorje Shugden puja @3pm and thereafter Rinpoche Swift Return puja. This can only be achieved due to the committed members from Penang. A big round of applause...... Pic : DS puja on 21/10/2023 Kechara Penang Study Group by Jacinta
More pictures of the day! Kechara Penang Chapel & public blessings 3rd Oct 2023 by Jacinta.
5 months ago
More pictures of the day! Kechara Penang Chapel & public blessings 3rd Oct 2023 by Jacinta.
Some pictures of the public blessings taken right after the puja was completed by the monks. Kechara Penang Study Group by Jacinta. 3rd Oct 2023.
5 months ago
Some pictures of the public blessings taken right after the puja was completed by the monks. Kechara Penang Study Group by Jacinta. 3rd Oct 2023.
3rd Oct 2023, Tibetan monks came to Kechara Penang for chapel & public blessing, in conjunction with the arrival of H. E Tsem Rinpoche's holy statue. Thanks to Pastor Henry & Pastor Seng Piow, who guided us throughout the event. Kechara Penang Study Group by Jacinta
5 months ago
3rd Oct 2023, Tibetan monks came to Kechara Penang for chapel & public blessing, in conjunction with the arrival of H. E Tsem Rinpoche's holy statue. Thanks to Pastor Henry & Pastor Seng Piow, who guided us throughout the event. Kechara Penang Study Group by Jacinta
Tsem Rinpoche's holy statue is here! 3rd Oct 2023. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
5 months ago
Tsem Rinpoche's holy statue is here! 3rd Oct 2023. Kechara Penang Study Group by Jacinta.
29th Sept 2023. Kechara Penang Dorje Shugden puja adjourned at 4.30pm with 9 attendees. Thereafter, a Rinpoche Swift Return puja was completed too. Kechara Penang Study Group by Jacinta
5 months ago
29th Sept 2023. Kechara Penang Dorje Shugden puja adjourned at 4.30pm with 9 attendees. Thereafter, a Rinpoche Swift Return puja was completed too. Kechara Penang Study Group by Jacinta
The Promise
  These books will change your life
  Support Blog Team
Lamps For Life
  Robe Offerings
  Vajrayogini Stupa Fund
  Dana Offerings
  Soup Kitchen Project
 
Zong Rinpoche

Archives

YOUR FEEDBACK

Live Visitors Counter
Page Views By Country
United States 6,560,748
Malaysia 4,932,712
India 2,510,845
Singapore 936,141
United Kingdom 915,882
Nepal 913,387
Bhutan 864,803
Canada 797,322
Australia 619,377
Philippines 555,278
Indonesia 451,828
Germany 370,298
France 312,722
Brazil 251,023
Vietnam 226,545
Thailand 217,772
Taiwan 206,933
Italy 175,641
Spain 160,953
Netherlands 156,804
Mongolia 147,273
Portugal 138,190
South Africa 138,017
Türkiye 132,302
Sri Lanka 128,762
United Arab Emirates 121,726
Japan 119,012
Russia 114,691
Hong Kong 114,218
China 107,718
Romania 104,740
Mexico 97,736
New Zealand 93,880
Switzerland 88,746
Myanmar (Burma) 88,535
Pakistan 82,184
Sweden 78,121
South Korea 75,124
Cambodia 70,770
Total Pageviews: 26,041,536

Login

Dorje Shugden
Click to watch my talk about Dorje Shugden....